Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal --foto media indonesia

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau biasa disebut pinjol menawarkan kemudahan untuk mendapatkan dana secara cepat. Dengan minimnya pengetahuan mengenai tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal yang menyebabkan terjebak utang. 

Dengan mengetahui tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal bisa kalian lakukan untuk menghindari berbagai risiko yang merugikan. Selain itu, kalian dapat menerapkan pengaturan uang di kehidupan sehari-hari supaya finansial kalian lebih aman dan sehat tanpa adanya jeratan utang yang semakin membengkak. 

Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal menjadi solusi yang tepat buat kalian lakukan. Cara ini dapat kalian lakukan sebelum mengajukan pinjaman, bahkan jika kalian terlilit utang pinjaman online. 

Lalu, bagaimana tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal? Dibawah ini ada beberapa solusi efektif yang dapat kalian coba dan terapkan supaya aman dari risiko terjadinya galbay atau macet bayar agar tidak terjadi kerugian dikemudian hari. 

BACA JUGA:Berikut 11 Tips Mengatur Keuangan saat Menganggur, Strategi Cerdas di Masa Sulit

Meminjam uang lewat aplikasi pinjol alias pinjaman online memang praktis dan efisien, namun jika pinjaman yang diajukan ke pinjol ilegal, risiko besar sudah menanti.

Pinjaman online (pinjol) ilegal terus bertebaran. Meski sudah diblokir oleh Satgas Waspada Investasi, nyatanya pinjol ilegal masih gentayangan mencari korban.

Mulai dari bunga yang tinggi, terus menerus didatangi penagih utang yang disertai ancaman, hingga bocornya data-data pribadi di ponsel.

Menurut perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie, pada dasarnya pilihan menggunakan pinjaman online yaitu karena kebutuhan yang besar, dan terkadang tidak sedikit orang yang sulit dalam membedakan kebutuhan dan keinginan.

Alasan orang melakukan pinjaman melalui pinjaman online beragam, mulai dari tanggungan yang terlalu banyak hingga ketidakmampuan mengatur gaya hidup,” kata dia.

Prita menjelaskan, gaya hidup konsumtif merupakan hal yang tidak baik dilakukan, karena akan membebani finansial di masa depan. Apalagi jika sampai terlilit utang, tentunya hal ini akan menghambat tujuan keuangan.

BACA JUGA:7 Tips Efektif Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal, Solusi Bebas dari Utang

Memahami kebutuhan vs keinginan perlu dilakukan. Akar dari pengambilan pinjaman online umumnya yaitu pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan,” kata Prita saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/10/2021).

Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: