Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal --foto media indonesia

Belanja konsumtif yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial dapat membuat seseorang tergoda meminjam uang di pinjaman online.

Salah satu cara mencegah supaya tidak terjerat pinjaman online ilegal yaitu mengatur keuangan dengan mengurangi belanja konsumtif.

Namun jika memang sangat terpaksa meminjam uang ke pinjaman online, Prita mengimbau agar tidak salah dalam memilih pinjaman online. Saat ini tidak sedikit pinjaman online yang ternyata merupakan pinjol ilegal.

Lantas bagaimana membedakan antara pinjol legal dan ilegal?

Prita mengatakan untuk memastikannya pinjaman online legal atau ilegal, calon peminjam dana bisa mengecek pinjol legal secara langsung di situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Situs resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sudah memiliki daftar pinjaman online yang sesuai dengan regulasi.

BACA JUGA:8 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal, Nomor 4 Jangan Sampai Bisa Terjadi

“Jika memang sangat terpaksa mengambil pinjaman online, maka pastikan hanya di lembaga fintech yang legal,” kata Prita.

Selain itu, Prita juga mengingatkan agar masyarakat membiasakan diri menabung sebelum belanja. Hal itu dinilai akan sangat penting di tengah tumbuhnya e-commerce. Sebab saat belanja melalui online shop, seseorang kerap tergiur dengan metode pembayaran PayLater atau pinjol.

Menurut Prita, hal ini perlu dihindari, dengan cara menabung dahulu untuk membeli barang yang diinginkan.

“Menghindari fasilitas paylater saat checkout pembelanjaan yang sifatnya konsumtif. Biasakan untuk menabung terlebih dahulu baru membeli,” ucap Prita.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal yang perlu kalian pahami dan perhatikan supaya finansial kalian tetap aman dan sehat. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: