Ini Dia 3 Cara Efektif Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan Anti Tolak

Ini Dia 3 Cara Efektif Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan Anti Tolak

cara membersihkan nama di slik ojk --foto katadata

DISWAY JATENG - Pentingnya mengetahui cara membersihkan nama di SLIK OJK supaya dapat mengajukan pinjaman kembali. SLIK OJK atau dulu dikenal dengan BI Checking merupakan catatan riwayat kredit setiap orang diberbagai lembaga. 

Pada umumnya, skor kredit jelek di SLIK OJK disebabkan seseorang menunggak pembayaran cicilan alias tagihan yang belum dilunasi. Hal itu akan berpengaruh terhadap disetujui atau tidaknya pengajuan kredit di kemudian hari. Karena itu, perlu ketahui cara membersihkan nama di SLIK OJK. 

Riwayat kredit ini menjadi dasar bagi Bank atau lembaga keuangan lainnya dalam menilai kelayakan kredit. Jika nama kalian masuk dalam blacklist tersebut, otomatis akan sulit untuk mengajukan pinjaman kembali. Maka dari itu, ketahui cara membersihkan nama di SLIK OJK atau BI Checking. 

Lantas, bagaimana cara membersihkan nama di SLIK OJK akibat skor kredit jelek? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Bebas dari Blacklist

 

1. Terus Memantau Skor Kredit 

Cara membersihkan nama di SLIK OJK yaitu dengan terus memantau skor kredit. Perlu diingat, pembaruan data biasanya dilakukan maksimal 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan. Nantinya, pihak pemberi layanan kredit juga akan menerbitkan surat keterangan penghapusan atau pelunasan tagihan untuk disimpan dan dipakai jika dibutuhkan.

Setelah melunasi semua tunggakan cicilan, kini debitur harus melakukan konfirmasi ke OJK, jika kewajiban kredit telah diselesaikan. Kemudian, debitur bisa memantau perubahan data skor kredit di SLIK OJK.

Jika data belum bisa berubah selama rentang waktu tersebut, maka debitur bisa melaporkan dan mengajukan komplain ke lembaga pemberi pinjaman. Minta konfirmasi dan kejelasan atas masalah tersebut agar bisa diselesaikan secepatnya.

2. Melunasi Tunggakan Kredit 

Debitur juga bisa mengecek jumlah tunggakan yang belum terbayar dan berapa bulan keterlambatannya. Ingat, semakin lama cicilan tidak dibayar maka denda yang dikenakan makin besar.

Apabila debitur masih punya tanggungan yang belum dibayar, maka cara yang bisa diambil untuk membersihkan nama di SLIK OJK yaitu dengan melunasi tunggakan kredit tersebut.

BACA JUGA:5 Tips Agar SLIK OJK Aman Saat Menggunakan Pinjol, Pengajuan Pinjaman Mudah Disetujui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: