5 Tips Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal Supaya Nasabah Bebas Lilitan Utang

5 Tips Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal Supaya Nasabah Bebas Lilitan Utang

Mengatasi galbay pinjol ilegal--

4. Cari Bantuan

Supaya tidak terlalu lama berlarut-larut di lilitan utang pinjaman online, maka segera cari bantuan kepada orang terdekat. Cara ini bisa Anda lakukan dengan meminjam uang supaya utang di pinjol bisa cepat terlunasi.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Penggunaan Pinjol Ilegal dan Tips Menghindarinya

5. Lunasi Semua Utang

Apabila sudah mendapatkan dana untuk bayar utang, segera lunasi semua utang beserta bunga dan dendannya di pinjaman online. Pastikan semua utang sudah dibayar mulai dari bunga dan biaya tambahan lainnya.

Jika proses melunasi utang sudah Anda lakukan, langkah berikutnya yaitu minta hapus semua data pribadi yang ada di pinjol ilegal. Seperti yang diketahui bahwa penyedia pinjol ilegal tidak ada izin dari OJK dan bisa melakukan tindakan seenaknya.

Karena itu, Anda bisa meminta hapus semua data pribadi di sistem aplikasi pinjol ilegal. Cara ini untuk menghindari penyalahgunaan data, atau bocornya data pribadi.

Namun jika semua cara diatas tidak efektif untuk dicoba dan pihak pinjol sudah merugikan Anda segera laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Anda bisa melaporkannya jika pinjol ilegal sudah menyebarkan data, melakukan penagihan kasar, dan tindakan yang merugikan lainnya.

BACA JUGA: 5 Cara Mengamankan Data Pribadi di Pinjol Ilegal, Nasabah Galbay Bisa Lebih Tenang

Dengan melaporkan ke OJK nasabah yang terlanjur galbay di pinjol ilegal bisa terbebas dari lilitan utang. Pasalnya penyedia pinjaman online ilegal tidak memiliki izin resmi dari OJK, karena itu nasabah tidak perlu melunasi utang lagi.

Demikian informasi seputar tips mengatasi galbay pinjol ilegal paling efektif untuk membantu Anda keluar dari jeratan utang dan bebas teror. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: