Utang di Pinjol Lunas Skor Kredit Tetap Buruk? Begini Cara Bersihkan BI Checking Paling Benar

Utang di Pinjol Lunas Skor Kredit Tetap Buruk? Begini Cara Bersihkan BI Checking Paling Benar

Cara bersihkan BI checking jika sudah melunasi utang--

DISWAY JATENG - Tagihan di pinjol sudah dilunasi namun masih masuk ke blacklist BI Checking? Kini ada beberapa cara bersihkan BI checking jika utang sudah berhasil dilunasi, simak ulasannya di artikel ini.

Artikel ini akan mengupas tuntas cara bersihkan BI checking jika utang sudah berhasil dilunasi. Pasalnya ada beberapa nasabah yang masih memiliki skor kredit buruk meskipun tagihan sudah dibayar sepenuhnya.

Informasi cara bersihkan BI checking di bawah ini dikutip dari kanal YouTube Fintech.ID. Berikut penjelesan lengkapnya seputar alasan dan solusinya.

BACA JUGA: Begini 5 Tips Jitu Lolos BI Checking untuk Membeli Properti agar Cepat Disetujui

Narator menyebutkan bahwa setiap layanan pinjol memiliki mekanisme pembayaran dan pelaporkan skor kredit yang berbeda-beda. Jadi, tidak semua layanan pinjaman online dapat bergerak cepat untuk bersihkan riwayat kredit nasabah.

Cara bersihkan BI checking tergantung dari sistem aplikasi pinjol. Ada yang butuh waktu 2 bulan atau 3 bulan untuk membersihkan nama nasabah yang sudah melunasi utang dari SLIK OJK atau BI checking.

Narator mencontohkan, jika di aplikasi pinjol Akulaku maka informasi permbersihan riwayat kreidt biasanya kisaran 2 bulan. Narator juga menyarankan jika Anda yang menggunakan platfrom pinjol Akulaku dan sudah melunasi utang namun SLIK OJK belum bersih, segera hubungi customer service.

BACA JUGA: Ketahui Syarat dan Cara Cek Nama di BI Checking Via Online atau Offline

Bagi nasabah yang saat ini mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya hubungi penyedia pinjol. Anda perlu menyampaikan bahwa ingin membersihkan laporan skor kredit atau BI checking karena utang berhasil dilunasi.

Lalu, bagaimana cara bersihkan BI checking jika utang pinjol bersih dilunasi? Berikut beberapa langkah efektif yang bisa Anda coba supaya nama bersih dari daftar blacklist BI checking atau SLIK OJK.

Cara bersihkan BI checking jika sudah melunasi semua utang

1. Minta Bantuan Sales Bank

Cara bersihkan BI checking pertama, yakni mencari bantuan ke sales bank. Cara ini bisa Anda lakukan apabila dalam kondisi darurat dan ingin mengajukan pinjaman keperluan KPR.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Pemutihan BI Checking dan Berapa Lama Prosesnya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: