Bagaimana Cara Pemutihan BI Checking dan Berapa Lama Prosesnya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bagaimana Cara Pemutihan BI Checking dan Berapa Lama Prosesnya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

cara pemutihan bi checking --foto kompas money

DISWAY JATENG - Cara pemutihan BI Checking bisa dilakukan supaya pinjaman kalian selanjutnya mudah di acc dan cepat cair. Sebab riwayat pinjaman buruk di lembaga keuangan tempat kalian mengajukan tidak bisa melakukan pencairan dana. 

Setiap pinjaman yang diajukan pasti ingin segera disetujui dan dana tunai yang dibutuhkan bisa cair dengan mudah. Namun, ketika memiliki masalah pembayaran sebelumnya atau sudah didaftar hitamkan, kalian harus melakukan cara pemutihan BI Checking terlebih dahulu. 

Cara pemutihan BI Checking menjadi solusi yang tepat bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman kembali, saat sebelumnya memiliki skor kredit yang buruk, maka pemutihan ini bisa kalian lakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Lalu, bagaimana cara pemutihan BI Checking dan berapa lama proses pemutihan tersebut? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

BACA JUGA:Cara Pemutihan BI Checking Supaya Nama Bersih dan Pengajuan Cepat Disetujui

 

1. Melakukan Negosiasi dengan Pihak Perusahaan 

Cara pemutihan BI Checking ini berlaku jika debitur tidak mempunyai dana untuk melunasi langsung seluruh utang serta bunganya. Mintalah bank / fintech untuk memberikan keringanan berupa perpanjangan tenor untuk meringankan angsuran maupun bunganya.

2. Meminta Surat Keterangan Lunas Utang

Apabila sudah mendapatkannya, bawalah surat tersebut ke kantor wilayah OJK terdekat. Nanti, pihak OJK akan melakukan pembaruan skor kreditmu pada SID.

3. Melunasi Semua Tunggakan yang Ada

Jika masih ada tunggakan kredit di salah satu bank/fintech, maka bisa dipastikan mengajukan pinjaman KPR bank mana pun pasti ditolak.

4. Pantau Skor Kredit

Apabila cara pemutihan BI Checking di atas sudah dilakukan, selanjutnya pantaulah skor kredit secara mandiri. Jika ternyata tidak ada perubahan, maka ajukan komplain ke bank/fintech pemberi kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: