Lindungi Privasimu dengan 7 Cara Mengatasi Pinjol Agar Tak Bisa Akses Kontak

Lindungi Privasimu dengan 7 Cara Mengatasi Pinjol Agar Tak Bisa Akses Kontak

cara mengatasi pinjol tidak akses kontak-Tekno Kompas-

DISWAY JATENG - Apakah kamu merasa khawatir dengan ancaman pinjol akses kontak darurat? Ada beberapa cara mengatasi pinjol tidak bisa akses kontak. Di era digital saat ini, pinjaman online (pinjol) telah menjadi alternatif pembiayaan yang populer.

Di balik kemudahannya, terdapat risiko penyebaran data pribadi yang perlu diwaspadai. Mengatasi pinjol tidak bisa akses kontak ini sebenarnya cukup mudah kamu lakukan.

Mengakses kontak di HP peminjam tanpa sepengetahuan untuk melakukan penagihan merupakan pelanggaran dan tidak diperbolehkan. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi pinjol tidak bisa akses kontak.

Artikel ini akan membahas tujuh langkah efektif untuk melindungi informasi pribadimu dari penyebaran oleh pinjol seperti mengatasi pinjol tidak bisa akses kontak.

BACA JUGA: 4 Risiko Galbay Pinjol Legal yang Wajib Diketahui Nasabah, Salah Satunya Ada Ancaman ke Jalur Hukum

Mengatatasi pinjol tidak bisa akses kontak

1. Batasi Akses Aplikasi Pinjol ke Kontak

Mengatasi pinjol tidak bisa akses kontak yang  pertama dan terpenting dalam melindungi data pribadi adalah dengan tidak memberikan izin akses kontak pada aplikasi pinjol yang telah diinstal.

Ketika pertama kali membuka aplikasi pinjol, biasanya akan muncul permintaan untuk mengizinkan akses ke berbagai data, termasuk kontak, lokasi, SMS, telepon, dan media sosial. Penting untuk menolak permintaan ini, karena jika diizinkan, aplikasi pinjol dapat membaca semua data pribadimu.

2. Batasi Nomor Kontak Darurat saat Verifikasi

Saat mendaftar atau mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol, seringkali ada permintaan untuk memasukkan nomor kontak darurat.

BACA JUGA: Kenali 7 Risiko Bahayanya Galbay Pinjol Easycash, DC Lapangan Bisa Datang ke Rumah atau Tempat Kerja

Sangat disarankan untuk tidak memasukkan nomor keluarga, teman, atau rekan kerja. Hal ini karena nomor-nomor tersebut berpotensi dihubungi oleh pihak pinjol jika terjadi keterlambatan pembayaran atau masalah dengan pinjamanmu.

3. Jaga Keamanan Daftar Kontak Ponsel

Jika pinjol berhasil mengakses kontak di ponselmu, mereka cenderung mencari nomor-nomor yang sering dihubungi atau memiliki hubungan dekat denganmu.

Pinjol mungkin akan menghubungi nomor-nomor ini untuk menagih pembayaran dan menyebarkan data pribadi. Untuk mencegah hal ini, pertimbangkan untuk menghapus atau menyembunyikan kontak orang-orang terdekat dari daftar kontak ponselmu.

BACA JUGA: 4 Risiko Galbay Pinjol Adakami, Jangan Pernah Anggap Sepele

4. Pertimbangkan Penggantian Kartu SIM

Apabila pinjol telah berhasil mengakses kontakmu dan mulai mengganggu dengan panggilan atau pesan yang tidak diinginkan, mengganti kartu SIM dengan nomor baru bisa menjadi solusi. Langkah ini dapat membantu memutus komunikasi yang tidak diinginkan dari pihak pinjol.

5. Verifikasi Legalitas Pinjol

Pinjol resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki standar operasional yang sesuai dengan peraturan dan etika.

Pihak pinjol tidak akan sembarangan mengakses kontak HP atau melakukan praktik yang merugikan nasabah. Sebelum menggunakan layanan pinjol, pastikan untuk memeriksa apakah pinjol tersebut terdaftar resmi di OJK.

BACA JUGA: Bagaimana Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data? Terapkan 9 Hal Penting Ini Dijamin Ampuh

6. Unduh Aplikasi dari Sumber Resmi

Aplikasi pinjol palsu atau yang telah dimodifikasi sering menawarkan bunga rendah, plafon tinggi, dan syarat yang mudah untuk menarik nasabah.

Namun, ini bisa menjadi jebakan untuk mencuri data pribadi, termasuk kontak. Selalu unduh aplikasi pinjol dari sumber resmi seperti Google Play Store, App Store, atau situs web resmi pinjol yang bersangkutan.

7. Lakukan Pembayaran Pinjaman Tepat Waktu

Pinjol umumnya akan menghubungi kontak yang ada di ponselmu jika terjadi keterlambatan pembayaran atau masalah dengan pinjaman. Jika kamu membayar tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian, pinjol tidak akan memiliki alasan untuk menghubungi kontak-kontakmu.

BACA JUGA: 6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

Jangan sampai menunggak atau berusaha melarikan diri dari hutang, karena hal tersebut akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Itulah mengatasi pinjol tidak bisa akses kontak. Melindungi data pribadi dari penyebaran oleh pinjol membutuhkan kewaspadaan dan tindakan proaktif. Dengan menerapkan langkah-langkah yang telah diuraikan di atas, kamu dapat secara signifikan mengurangi risiko penyalahgunaan informasi pribadimu.

Ingatlah bahwa keamanan data adalah tanggung jawab bersama antara penyedia layanan dan pengguna. Selalu berhati-hati dalam memberikan akses ke informasi pribadimu dan jangan ragu untuk mempertanyakan praktik yang mencurigakan.

BACA JUGA: Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi Jika Terlanjur Galbay? Begini 5 Solusi yang Aman dan Efektif

Dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, kamu dapat menikmati manfaat pinjaman online sambil tetap menjaga keamanan data pribadimu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: