Tak Ingin Terjerat Utang? Begini Cara Hindari Galbay Pinjol yang Paling Efektif

Tak Ingin Terjerat Utang? Begini Cara Hindari Galbay Pinjol yang Paling Efektif

Cara hindari galbay pinjol--

2. Sesuaikan Kemampuan Pembayaran Utang

Cara hindari galbay pinjol berikutnya, yakni menyesuaikan kemampuan pembayaran utang. Produk pinjaman yang diberikan pinjol umumnya cukup variatif sehingga memicu orang untuk berutang dalam jumlah besar.

Jika hal ini tidak diperhatikan, nantinya bisa bermasalah jika tidak dengan kondisi keuangan atau kemampuan membayar. Idealnya, batas maksimal mengajukan utang di pinjol yaitu 30% dari pendapatan Anda.

Pertimbangkan pula kebutuhan lainnya, seperti cicilan bulanan yang harus dibayar, sehingga batasi limit utang jika memang tidak mendesak. Dengan ini nasabah bisa terbebas dari kerugian yang disebabkan oleh galbay.

BACA JUGA: Terlanjur Galbay Pinjol Ilegal? Begini 5 Cara Hapus Data Pribadi Supaya Hilang Permanen

3. Tentukan Tenor Pinjaman dengan Baik

Tenor atau jangka waktu pinjaman berhubungan erat dengan besarnya suku bunga yang ditawarkan. Semakin lama tenor yang dipilih, semakin kecil pula bunga yang diberikan.

Meski tenor panjang terlihat lebih ringan, kalkulasikan pula total utang dan bunganya. Bisa jadi dana yang harus dikembalikan jauh lebih besar tenor ketimbang singkat lebih.

Faktor lainnya yang harus diperhatikan adalah keadaan arus kas. Jika kebutuhan sedang banyak, memilih tenor singkat bisa jadi malah menambah beban arus kas.

Supaya Anda aman dari risiko terjadinya galbay maka cara hindari galbay pinjol dengan memperhatikan tenor sangatlah penting untuk diketahui. Dengan ini, dijamin Anda bebas dari galbay pinjaman online.

BACA JUGA: 8 Tips Galbay Pinjol Agar Aman dari Sebar Data dan Teror DC

Demikian penjelasan tentang cara hindari galbay pinjol yang paling efektif untuk Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: