Terjerat Pinjol? Begini 5 Tips Lepas dari Pinjaman Online, Langkah Menuju Finansial Sehat

Terjerat Pinjol? Begini 5 Tips Lepas dari Pinjaman Online, Langkah Menuju Finansial Sehat

tips lepas dari pinjol --foto investree blog

Selanjutnya urutkan dari pokok kredit terbesar. Jumlah bunga bisa terus melonjak jika kalian tidak memprioritaskan pinjaman besar.

Setelah utang dengan pokok terbesar lunas, selesaikan pinjaman lain yang lebih kecil, lakukan langkah ini sampai utang terakhir. 

3. Kumpulkan Dana untuk Bayar Utang 

Tips lepas dari pinjaman online berikutnya kalian bisa mengurangi beban biaya hidup, menjual atau menggunakan aset serta mencari penghasilan tambahan. 

Mulai dari pekerjaan freelance, berjualan online, atau usaha sampingan lainnya. Selengkapnya, kalian bisa download ebook gratis dari Finansialku Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu. 

4. Meminta Bantuan Ahli di Bidang Keuangan

Tidak ada salahnya jika kalian meminta bantuan dan pendampingan ahli, seperti Perencana Keuangan Finansialku untuk memberikan advice dan strategi tepat dalam melunasi utang.

Arahan yang komprehensif dari perencana keuangan bisa membantu kalian untuk mengelola keuangan secara bijak, terbebas dari lilitan utang dan mencapai keuangan yang lebih sehat.

BACA JUGA:Cara Lepas dari Pinjol Supaya Utang cepat Terselesaikan, Begini Langkah Cerdas agar Bebas dari Jeratan Pinjol

5. Menunjukkan Itikad Baik untuk Melunasi Utang

Tips lepas dari pinjaman online berikutnya yaitu tunjukkan itikad baik untuk melunasi utang tersebut. Hal ini dilakukan agar hubungan dengan pemberi pinjaman/pinjol tetap baik.

Jika mengalami kesulitan pelunasan, jelaskan kondisi keuangan kalian secara jujur dan minta keringanan pembayaran. Beberapa keringanan yang bisa dinegosiasikan, antara lain:

  • Pengurangan bunga
  • Penghapusan denda
  • Penundaan jatuh tempo pembayaran.

Summary:

  • Dengan perencanaan matang dan komitmen tinggi, kalian bisa memutus rantai jeratan pinjaman online dan meraih masa depan keuangan yang lebih sehat.
  • Meski proses pengajuan pinjaman online lebih mudah, sebaiknya pertimbangkan kemampuan finansial/kemampuan membayar sebelum berutang.

Dengan demikian beberapa informasi seputar tips lepas dari pinjaman online yang dapat kalian lakukan agar tidak terjerat utang pinjol yang semakin menumpuk. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: