Tradisi Kearifan Lokal Jawa Tengah Yang Unik favorit Wisatawan

Tradisi Kearifan Lokal Jawa Tengah Yang Unik favorit Wisatawan

Tradisi kearifan lokal Jawa Tengah yang unik favorit wisatawan-Tangkapan layar diswayjateng.id-

4. Tradisi Ruwatan

Tradisi Ruwatan adalah upacara yang dilakukan untuk membersihkan dan menyucikan diri serta lingkungan dari energi negatif atau bencana yang mungkin terjadi. Upacara ini melibatkan doa, persembahan makanan, dan serangkaian ritual lainnya. 

Wisatawan tertarik dengan keunikan dan keaslian tradisi Ruwatan, serta makna spiritual yang terkandung di dalamnya. Mereka berpartisipasi dalam upacara ini untuk mendapatkan pengalaman yang mendalam tentang kearifan lokal Jawa Tengah.

BACA JUGA:Fakta Menarik dari Pacu Jalur, Kearifan Lokal Riau yang Go Internasional

5. Grebeg Suro

Grebeg Suro adalah tradisi yang dilakukan di Jawa Tengah, terutama di Yogyakarta dan Surakarta, dalam rangka memperingati tahun baru Islam atau tanggal 1 Muharram.

Tradisi ini dimulai dengan prosesi persembahan makanan dan benda-benda berharga kepada Sultan atau Raja serta kepada masyarakat sekitar.

Pada acara Grebeg Suro, masyarakat berkumpul untuk menyaksikan pawai yang menampilkan berbagai hiasan, replika bangunan, dan penampilan seni tradisional seperti tari dan musik.

Demikian ulasan Kearifan lokal Jawa Tengah yang unik disukai Wisatawan yang bisa menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: