SD Negeri Gumayun 1 Kabupaten Tegal Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

SD Negeri Gumayun 1 Kabupaten Tegal Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

KREASI - Kepala SDN Gumayun 1 Kecamatan Dukuhwaru Sri Murni bersama para guru dan anak didiknya.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI – SD Negeri Gumayun 1, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal berhasil menorehkan prestasi menjadi Sekolah Adiwiyata di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kini Sekolah tersebut tengah beranjak untuk menuju ke tingkat nasional.

Guna menyukseskan cita-citanya itu, keluarga besar di sekolah tersebut kompak. Mulai dari kepala sekolahnya, komite, guru, siswa-siswinya hingga orang tua. Berpartisipasi untuk meraih predikat sekolah adiwiyata.

Kali ini, para peserta didik memamerkan hasil karya inovasi dan kreasinya di halaman sekolah. Hasil karyanya itu berasal dari bahan bekas yang disulap menjadi barang yang istimewa.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Pemalang Dapat Apresiasi dari Bupati

Tidak hanya itu, SDN Gumayun 1 ini juga dikelilingi dengan taman dan tanaman bunga serta apotik hidup. Penataannya sangat rapih. Sehingga peserta didik tampak nyaman dan senang saat bermain di taman tersebut.

"Sekolah kami juga difasilitasi musala, ruang UKS, perpustakaan, kantin sehat dan 9 toilet bersih. Khusus untuk pelajar putri toiletnya sendiri. Putra juga sendiri. Termasuk toilet guru dan kepala sekolah juga sendiri-sendiri," kata Kepala SD Negeri Gumayun 1 Sri Murni, saat ditemui di sekolahnya.

BACA JUGA:DPD LDII Kabupaten Tegal Adakan Pengukuran Arah Kiblat

Menurutnya, untuk menjadi sekolah adiwiyata, semata-semata tidak hanya menanam pohon. Tapi juga diawali dari pembibitan yang dilakukan keluarga sekolah, hingga pemeliharaan serta panen raya.

Termasuk juga menanam pohon di lingkungan masyarakat yang berada di kawasan sekolah. Para peserta didik juga acap kali ikut kerja bakti di masyarakat.

"Masyarakat di lingkungan sekolah juga kompak ikut menyukseskan sekolah kami menjadi sekolah adiwiyata tingkat Nasional," kata Sri Murni.

BACA JUGA:PSA Bantu Akseptor Kurang Mampu di Kabupaten Pemalang

Dia mengemukakan, pameran inovasi yang diikuti oleh seluruh siswanya itu merupakan implementasi dari kurikulum merdeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

"Semoga SD Negeri Gumayun 1 ini menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: