Ketua DPRD Kota Tegal Ajak Seluruh Masyarakat Terus Bumikan Pancasila

Ketua DPRD Kota Tegal Ajak Seluruh Masyarakat Terus Bumikan Pancasila

UPACARA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tegal Kusnendro (tengah) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal Kusnendro. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membumikan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa di era globalisasi. Pancasila digali dari bumi Indonesia sebagai ideologi, dasar negara, dan falsafah hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA:Beri Edukasi Makanan Sehat kepada Anak Didik di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong seratus tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kusnendro mengatakan, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Generasi z dan milenial saat ini akan berperan dalam proses membangun Indonesia ke depan. 

BACA JUGA:Anggaran KONI Kabupaten Tegal Rp1,1 Miliar, Dibagi untuk 24 Cabang Olahraga

"Karena itu, maka bekal penting ideologi Pancasila sangat perlu ditanamkan pada generasi z dan milenial agar mereka tidak goyah oleh pengaruh asing," kata Kusnendro.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Kota Tegal juga dilaksanakan pencanangan bendera merah putih. Bendera dibagikan secara simbolis Pj wali kota Tegal bersama Fmforkopimda, sekretaris Dmdaerah dan kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tegal kepada penerima.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: