5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal agar Tidak Terjebak

5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal agar Tidak Terjebak

tips menghadapi pinjol ilegal --foto radar

DISWAY JATENG - Di era digital saat ini, aplikasi pinjol alias pinjaman online sudah sangat tersebar diberbagai daerah termasuk Indonesia. Namun, kalian juga harus tahu tips menghindari pinjol ilegal yang akan merugikan kalian sendiri. 

Tips menghindari pinjol ilegal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan agar kalian tidak terjebak dalam permainan pada pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Karena saat kalian tidak teliti dalam memilih pinjaman, maka kalian akan terjerumus kedalam pinjaman yang belum terdaftar di OJK. Karena itu, kalian wajib mengetahui beberapa tips menghindari pinjol ilegal agar tidak terjerat ke dalam pinjaman ilegal. 

Pada artikel ini, Disway Jateng akan mengulas beberapa tips menghindari pinjol ilegal yang dapat kalian lakukan dan terapkan supaya tidak terjadi kerugian dikemudian hari. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

Tips Menghindari Pinjol Ilegal

1. Cek Bunga Pinjaman

Sebelum memutuskan mengambil pinjol, cek dulu besaran bunganya. Apakah masih dalam batasan wajar dari segi persentase dan masa cicilan yang ditetapkan. Pertimbangkan juga kemampuan untuk membayar angsuran setiap bulannya bagaimana.

2. Pilih Aplikasi Resmi 

Penyedia dana pinjaman yang legal mempunyai aplikasi resmi yang bisa ditemukan di Play Store dan App Store. Jika kalian diminta mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi atau situs tidak jelas, maka jangan diikuti. Karena nantinya data pribadi milikmu malah diambil dan disalahgunakan. 

3. Cek Izin Perusahaan

Tips menghindari pinjol ilegal berikutnya yaitu cek izin perusahaan, dengan cara mencari tahu apakah pinjol tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau tidak. Kalian bisa melihatnya di website resmi OJK atau menghubungi nomor call center dan kontak lainnya yang tersedia. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Terjebak, Ketahui Bahaya dan Cara Menghindari Pinjol Ilegal Cepat Cair yang Perlu Dipahami

4. Menjaga Data Pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: