Jangan Sampai Terjebak, Ketahui Bahaya dan Cara Menghindari Pinjol Ilegal Cepat Cair yang Perlu Dipahami

Jangan Sampai Terjebak, Ketahui Bahaya dan Cara Menghindari Pinjol Ilegal Cepat Cair yang Perlu Dipahami

pinjol ilegal cepat cair --foto tribun bengkulu

DISWAY JATENG - Pinjol alias pinjaman online merupakan suatu platform yang menyediakan dana pinjaman dengan nominal yang bervariasi dan tentunya sangat membantu bagi yang membutuhkan. Namun, keberadaan pinjol ilegal cepat cair harus dihindari.

Dengan bertambahnya tahun, kecanggihan teknologi juga semakin maju, misalnya dengan tersebarnya platform di media sosial, iklan maupun sms dan sebagainya yang mana ada beberapa pinjol ilegal cepat cair yang harus kalian waspadai. 

Hal ini dikarenakan pinjaman online tersebut belum resmi terdaftar di OJK, maka dari itu kalian perlu berhati-hati dengan adanya pinjaman dari pinjol ilegal cepat cair ini.

Biasanya pinjol ilegal cepat cair ini memberikan suku bunga yang termasuk tinggi. Sehingga jangan sampai kalian galbay alias telat membayar, karena akan berisiko adanya Debt Collector datang mengih ke rumah. 

BACA JUGA:Daftar Pinjol Ilegal Cepat Cair Terbaru, Berikut Cara Mengeceknya Agar Nasabah Lebih Waspada

Pinjaman online (pinjol) merupakan salah satu produk keuangan yang semakin populer di Indonesia. Namun, di balik kemudahannya, pinjol juga menyimpan potensi bahaya, terutama jika menggunakan pinjol ilegal.

Selain menawarkan proses pencairan yang cepat, pinjol ilegal juga sering menggunakan iklan yang mencolok dan menarik perhatian. Iklan pinjol ilegal biasanya menampilkan kata-kata seperti "pinjaman cepat cair", "pinjaman tanpa jaminan", atau "pinjaman tanpa BI checking".

Padahal, pinjol legal juga menawarkan produk pinjaman dengan proses pencairan yang cepat dan tanpa jaminan. Namun, pinjol legal akan menerapkan bunga dan biaya yang wajar, serta menerapkan praktik penagihan yang sesuai dengan ketentuan hukum.

Cara Menghindari Pinjol Ilegal Cepat Cair 

Untuk menghindari pinjol ilegal, masyarakat perlu mewaspadai ciri-ciri pinjol ilegal yang telah disebutkan di atas. Selain itu, masyarakat juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

BACA JUGA:83 Daftar Platform Pinjol Ilegal Cepat Cair Tanpa KTP Terbaru 2024

  • Lakukan riset sebelum mengajukan pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, masyarakat perlu melakukan riset terlebih dahulu. Masyarakat dapat mencari informasi tentang pinjol tersebut di internet atau bertanya kepada orang yang berpengalaman.

  • Jangan tergiur dengan iklan yang mencolok

Iklan pinjol ilegal biasanya mencolok dan menarik perhatian. Masyarakat perlu waspada dengan iklan-iklan tersebut.

  • Cek apakah pinjol tersebut terdaftar di OJK

Pinjol legal pasti terdaftar di OJK. Masyarakat dapat mengecek daftar pinjol legal di website OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: