Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data, Begini 6 Tips yang Perlu Dihindari

Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data, Begini 6 Tips yang Perlu Dihindari

cara mengatasi pinjol ilegal sebar data--foto rsudpenajam.id

1. Jangan Tergoda dengan Penawaran Tak Masuk Akal

Jangan mudah tergoda dengan penawaran pinjaman yang tidak masuk akal, seperti bunga yang sangat rendah atau proses pengajuan yang sangat cepat. Lebih baik pakai aplikasi pinjol yang resmi dan layak meski memiliki bunga yang sedikit lebih besar, hal ini akan memberikan keamanan lebih pada privasi data kalian.

2. Pahami Hak dan Kewajiban Sebagai Nasabah

Cari tahu hak dan kewajiban sebagai nasabah pinjol, seperti berapa besar bunga yang harus dibayar dan apa saja konsekuensi jika terlambat membayar. Pastikan kalian mengerti dengan jelas tentang hal ini sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

3. Sudah Mengatur Privasi Akun

Kalian juga harus pastikan bahwa akun milik kalian di pengaturan privasi yang tepat, seperti mengunci akun atau membatasi akses dari orang lain. Selain itu, jangan mudah mengunduh aplikasi pinjol yang tidak resmi.

4. Cari Tahu Reputasi dan Izin Pinjol

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa platfrom tersebut memiliki reputasi yang baik dan memiliki izin yang sah dari OJK. Cari tahu melalui ulasan dan pengalaman orang lain dengan platfrom tersebut sebelum memutuskan untuk meminjam uang.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi? Berikut 6 Solusi Cerdas yang Bisa Dicoba

5. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa kalian tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kalian pakai yaitu platfrom ilegal.

6. Pastikan Lembaga Keuangan Telah Terdaftar

Kalian harus pastikan telah mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko pinjaman ilegal yang menyebarkan data pribadi.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi pinjol ilegal sebar data beserta tips menghindari pinjol ilegal yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: