Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data, Begini 6 Tips yang Perlu Dihindari

Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data, Begini 6 Tips yang Perlu Dihindari

cara mengatasi pinjol ilegal sebar data--foto rsudpenajam.id

DISWAY JATENG - Banyak belakangan ini pinjol ilegal yang menyebarluaskan data pribadi nasabah mereka ke jaringan pinjaman online lainnya. Hal ini sangat merugikan bagi kalian sendiri. Namun perlu ketahui cara mengatasi pinjol ilegal sebar data. 

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data merupakan cara yang paling tepat ketika sudah terlanjur terjerat pada pinjol yang ilegal. Sebab, pinjol ilegal memiliki risiko dan bahaya terutama jika nasabah mengalami galbay alias gagal bayar. 

Jadi, mau bagaimana pun pinjol ilegal memang harus dihindari karena akan menimbulkan kerugian yang lebih besar dibanding dengan keuntungannya. Agar kalian tidak terjerumus, dibawah ini ada beberapa cara mengatasi pinjol ilegal sebar data yang harus kalian lakukan. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi pinjol ilegal sebar data? Disway Jateng akan merangkum beberapa langkah yang bisa kalian coba dan lakukan. Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data yang Wajib Dilakukan

 

1. Lapor ke Pihak Kepolisian

Jika kalian menjadi korban penyebaran data pinjol, jangan ragu untuk membuat laporan ke polisi. Sebab, tindakan tersebut pada dasarnya memang telah melanggar hukum. Sertakan berbagai bukti yang valid untuk mendukung laporan agar kasus bisa langsung ditangani.

2. Hapus Izin Aplikasi Pinjol

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data berikutnya yaitu Jika data pribadi kalian sudah disalahgunakan, kalian bisa hapus data dan cache aplikasi HP ataupun dengan langsung meng-uninstall aplikasinya. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko data pribadi kalian yang tersebar secara lebih meluas.

3. Laporkan Pinjol Ilegal Ke OJK

Jika kalian telah terjerat dalam pinjol ilegal dan data pribadi disebarluaskan, sebaiknya segera melaporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan melaporkan ke OJK, maka OJK dapat segera mengambil tindakan terhadap pinjol ilegal tersebut.

BACA JUGA:Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

Tips Menghindari Pinjol Ilegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: