Tak Perlu Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data yang Wajib Dilakukan

Tak Perlu Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data yang Wajib Dilakukan

cara mengatasi pinjol ilegal sebar data--foto radar

DISWAY JATENG - Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data harus banget kalian ketahui. Pasalnya, belakangan banyak pinjol ilegal yang menyebarluaskan data pribadi nasabah mereka ke jaringan pinjaman online.

Hasilnya tidak cuma membuat kantong kering, tapi juga bikin nama baik jadi jelek. Bahkan banyak yang mengeluh menjadi korban kontak darurat meski mereka tidak pernah pinjam. Untuk itu, perlu ketahui cara mengatasi pinjol ilegal sebar data agar data kalian tetap aman.

Mau bagaimana pun, pinjol ilegal memang harus dihindari karena akan menimbulkan kerugian yang lebih besar dibanding dengan keuntungannya. Supaya kalian tidak terjerumus, berikut adalah beberapa cara mengatasi pinjol ilegal sebar data yang harus kalian lakukan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi pinjol ilegal sebar data? Dibawah ini ada beberapa langkah yang harus kalian coba dan praktekkan supaya tidak mengalami kerugian dikemudian hari. 

BACA JUGA:Begini 5 Cara Menghindari Pinjol Ilegal dengan Tepat, Lakukan Cara ini Agar Terhindar Bunga yang Tinggi

 

1. Pastikan Lembaga Keuangan Telah Terdaftar di OJK

Kalian harus pastikan jika mengajukan pinjaman harus memilih lembaga keuangan yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko pinjaman ilegal yang menyebarkan data pribadi.

2. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjol, pastikan bahwa kalian tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kalian pakai merupakan platform ilegal.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terjebak, Ketahui Bahaya dan Cara Menghindari Pinjol Ilegal Cepat Cair yang Perlu Dipahami

3. Cari Tahu Reputasi dan Izin Pinjol

Sebelum mengajukan pinjol, pastikan bahwa platform tersebut memiliki reputasi yang baik dan memiliki izin yang sah dari OJK. Cari tahu ulasan dan pengalaman orang lain dengan platform tersebut sebelum memutuskan untuk meminjam uang.

4. Sudah Mengatur Privasi Akun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: