7 Tips Cerdas agar Pinjol Tidak Sebar Data, Jangan Panik

7 Tips Cerdas agar Pinjol Tidak Sebar Data, Jangan Panik

cara agar pinjol tidak sebar data --foto tipskerja

Apabila mengalami tindak kejahatan siber, kalian bisa melaporkan kasus pinjol ilegal ke pihak berwenang. Uniknya, kalian tidak perlu repot mendatangi kantor polisi dan membuat laporan. Cukup kunjungi situs patrolisiber.id, kemudian mengisi formulir secara lengkap, mulai dari kronologi hingga bukti. Walau tidak secara otomatis menjadi laporan polisi, laporan yang kalian adukan bisa diterbitkan jika terdapat bukti pendukung yang sah.

4. Tolak Akses Kontak

Tips agar pinjol tidak sebar data berikutnya yaitu dengan menolak akses aplikasi. Seperti yang diketahui, pinjol hanya bisa diakses secara online melalui ponsel.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

Guna menghindari risiko itu, kalian perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi di ponsel. Pemutusan akses ini akan mencegah pinjol mengintip data pribadimu yang tersebar dalam ponsel. 

5. Ajukan Pinjaman Pada Pinjol Terdaftar di OJK

Memanfaatkan pinjol legal merupakan tips agar pinjol tidak sebar data. Pinjol terpercaya akan terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas.

Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjol ilegal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi. Alhasil, peluang datamu diretas oleh pinjol resmi juga sangat kecil. Bunga dan biaya pinjaman yang diterapkan pinjol resmi pun sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

6. Buat Kesepakatan

Untuk menghindari penyebaran data oleh pihak pinjol, kalian bisa membuat kesepakatan dengan pihak pinjol mengenai cara penagihan yang boleh maupun tidak boleh dilakukan.

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi Nasabah, Terdaftar OJK Terbaru 2023!

Jika telah disepakati, kalian dan pihak pinjol harus membuat surat perjanjian supaya tidak terjadi masalah di masa mendatang.

7. Lakukan Pembayaran Pinjaman Tepat Waktu

Fintech ilegal umumnya menjalankan aksi teror dan ancaman karena peminjam tidak melakukan pengembalian pinjaman sesuai ketentuan jatuh tempo. Karena itu, membayar cicilan dengan tepat waktu menjadi cara mengatasi pinjol agar data tidak disebar. 

Demikian beberapa informasi mengenai tips agar pinjol tidak sebar data yang bisa kalian praktekkan untuk menghindari risiko kerugian kedepannya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: