7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

cara agar pinjol tidak bisa akses kontak hp --foto cicilan.id

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP selanjutnya yaitu saat mendaftar atau saat mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol akan ada permintaan untuk memasukan nomor kontak darurat.

Jangan masukan nomor seperti keluarga, teman atau rekan kerja karena akan dihubungi oleh pinjol jika kalian terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjaman kalian.

4. Ganti Kartu SIM

Apabila pinjol telah berhasil mengakses kontak HP kalian, mereka akan menghubungi nomor HP kalian untuk menagih dan mengancam. Jika tidak mau terus menerus diganggu oleh pihak pinjaman online, mengganti kartu SIM dengan nomor baru yang tidak diketahui oleh pinjaman online bisa menjadi pilihan alternatif.

5. Jangan Berikan Izin Akses Kontak pada Aplikasi Pinjol

Yang paling utama yaitu dengan tidak memberikan izin akses kontak pada aplikasi pinjol yang telah kalian instal. Biasanya, saat baru pertama kali membuka aplikasi pinjol akan ada permintaan untuk mengizinkan aplikasi tersebut mengakses kontak, lokasi, SMS, telepon, media sosial, dan lain- lain. Jika kalian memberikan izin, maka aplikasi pinjaman online bisa membaca semua data pribadi kalian.

BACA JUGA:4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

6. Melunasi Utang Pinjaman Online

Biasanya pinjol akan menghubungi kontak HP jika terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjaman. Apabila nasabah membayar tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian, pihak pinjol tidak akan menghubungi kontak HP.

Jangan sampai menunggak atau melarikan diri dari hutang karena hal tersebut akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

7. Download Aplikasi Secara Resmi

Aplikasi pinjol palsu atau modifikasi biasanya menawarkan bunga rendah, plafon tinggi, dan syarat mudah untuk dapat menarik nasabah. Hal ini biasanya dimanfaatkan untuk bisa mencuri data pribadi nasabah termasuk kontak HP. Unduh aplikasi pinjol secara resmi seperti di Google Play, App Store, atau situs web resmi pinjol.

Itulah beberapa informasi seputar cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang bisa kalian coba dan terapkan agar tidak diganggu oleh Debt Collector pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: