Dosen Farmasi Poltek Harber Tegal Latih 48 Lansia

Dosen Farmasi Poltek Harber Tegal Latih 48 Lansia

PELATIHAN - Ketua tim PKM Aldi Budi Riyanta dan dosen Program Studi D3 Farmasi Poltek Harber memberikan materi.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, BREBES - Dosen Program Studi D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber). Mengenalkan produk olahan dari minyak jelantah menjadi minyak urut tradisional yang diberi nama Natural Massage Oil kepada lansia di Panti Werdha Purbo Yuwono Brebes.

Selain pengenalan, 48 lansia dari penghuni Panti Werdha juga diberikan edukasi mengenai pembuatan minyak urut tradisional dari minyak jelantah. Serta pelatihan pijat urut untuk lansia. Kegiatan tersebut merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

BACA JUGA:25 Akseptor Ikuti KB Gratis di Puskesmas Pulosari Kabupaten Pemalang

Ketua tim PKM Aldi Budi Riyanta memberikan edukasi tentang bahaya minyak jelantah jika terus digunakan menggoreng. Sehingga perlu diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat, minyak jelantah sebaiknya tidak untuk dikonsumsi. Karena sudah terbentuk asam lemak bebas, sehingga perlu dimanfaatkan menjadi minyak urut tradisional.

BACA JUGA:Gandeng PMI, Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal Adakan Donor Darah

“Kita memberikan pelatihan cara membuat minyak urut dari minyak jelantah, minyak jelantah terlebih dahulu dilakukan treatment. Agar lebih layak untuk digunakan, selanjutnya minyak ditambahkan bahan-bahan herbal seperti jahe, sereh dan cabe yang telah terbukti dapat mengurangi nyeri. Minyak urut ini kemudian digunakan untuk terapi urut dengan narasumber dari dosen kebidanan dan sejumlah mahasiswa,” ujarnya. 

Narasumber dari dosen kebidanan Istiqomah Dwi Andari menambahkan, kegiatan edukasi mengubah minyak jelantah menjadi minyak urut ini sangat sesuai dengan kebutuhan penghuni panti dalam memanfaatkan limbah minyak.

BACA JUGA:Puluhan Mahasiswa Ikuti Pekan Penerimaan Anggota Baru GMNI Kota Tegal

“Kegiatan pelatihan pijat urut sangat berguna bagi lansia karena umumnya lansia memiliki banyak keluhan terutama pada tulang dan sendi. Pijat urut yang benar selain memberikan manfaat untuk mengurangi rasa nyeri juga mengurangi resiko kesalahan pijat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: