Jangan Sampai Keliru, Berikut ini 8 Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal Beserta Ciri-cirinya

Jangan Sampai Keliru, Berikut ini 8 Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal Beserta Ciri-cirinya

Cara aman galbay pinjol ilegal -Topsatu.com-

DISWAYJATENG - Banyak dari beberapa masyarakat yang terjerat pinjaman online, bahkan tidak sedikit pula yang terjerat pinjol ilegal. Kali ini kita akan membahas tips aman galbay pinjol ilegal.

Pinjol ilegal ini memang cukup meresahkan, bahkan ada juga yang terkecoh oleh pinjol ilegal ini, sebab pinjol ilegal ini tersedia di Playstore. Ada beberapa tips aman galbay pinjol ilegal yang mungkin bisa kamu ikuti jika kamu sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal.

Tips aman galbay pinjol ilegal ini juga bertujuan agar kamu terhindar atau tahu bagaimana ciri-ciri pinjol ilegal. Tips ini juga ampuh dan pastinya aman untuk kamu yang ingin lepas dari jeratan pinjol ilegal.

Dari pada kamu penasara apa saja tips aman galbay pinjol ilgeal? Dan apakahh ini aman? Kamu bisa cek ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:3 Cara Hapus Data KTP di Pinjol Supaya Hilang Permanen, Gak Perlu Panik Disebar

1. Kenali Aplikasi Pinjol Ilegal

Pinjaman online atau pinjol telah menjadi tren belakangan ini karena kemudahan dan kecepatan proses pengajuannya. Namun, kamu harus berhati-hati dengan pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka seringkali melakukan tindakan intimidasi dan penyebaran data pribadi secara ilegal.

Beberapa aplikasi pinjol ilegal yang masih beredar di App Store atau Play Store antara lain PinjamYuk, DanaKilat, dan UangCepatCair. Jika kamu menemukan aplikasi-aplikasi tersebut di ponsel, segera hapus dan jangan pernah menggunakannya lagi.

2. Waspadai Tawaran Menggiurkan

Untuk menghindari pinjol ilegal, kamu perlu berhati-hati saat mengunduh aplikasi pinjaman online. Pastikan aplikasi tersebut terdaftar di OJK dan memiliki lisensi resmi. Jangan tergiur dengan tawaran limit pinjaman yang besar atau proses pengajuan yang sangat cepat. Sebab, ini bisa jadi modus dari pinjol ilegal untuk menarik korban.

BACA JUGA:4 Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol, Tak Perlu Resah Saat Diteror DC Lapangan

3. Hapus Aplikasi Pinjol Ilegal

Jika kamu sudah terlanjur menggunakan pinjol ilegal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi tersebut dari ponsel kamu. Caranya, buka pengaturan ponsel, cari menu "Aplikasi" atau "Aplikasi Terinstal", lalu hapus aplikasi pinjol ilegal tersebut.

Kamu juga bisa mencari aplikasi tersebut di menu "Penyimpanan" dan menghapusnya dari sana. Dengan menghapus aplikasi pinjol ilegal, kamu sudah memutus akses mereka untuk menyebarkan data pribadi kamu.

BACA JUGA:3 Cara Agar Data Pribadi Tidak Disebar DC Lapangan Pinjol Ilegal Jika Terlanjur Galbay

4. Kunci Akun Media Sosial

Selanjutnya, kunci semua akun media sosial kamu dan jangan membuka tautan dari nomor yang tidak kamu kenal. Hal ini untuk mencegah penyebaran data pribadi oleh pinjol ilegal. Mereka seringkali mengancam korban dengan menyebarkan foto atau video pribadi jika tidak membayar pinjaman. Dengan mengunci akun media sosial, kamu bisa menghindari hal tersebut.

5. Abaikan Pesan Kasar atau Tidak Senonoh

Jika kamu mendapat pesan kasar atau tidak senonoh dari pinjol ilegal, jangan pernah membalas atau membacanya. Mereka sengaja melakukan intimidasi seperti itu untuk membuat korban merasa ketakutan dan terpaksa membayar pinjaman. Tetaplah tenang dan abaikan saja pesan-pesan tersebut.

6. Laporkan kepada Pihak Berwenang

Langkah berikutnya, segera laporkan pinjol ilegal tersebut kepada pihak berwenang seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atau kepolisian. Kamu juga bisa mengganti nomor rekening bank agar data kamu tidak disalahgunakan oleh pinjol ilegal untuk keperluan mereka yang tidak bertanggung jawab.

7. Tetap Tenang dan Yakin

Yang terpenting, jangan pernah merasa ketakutan atau terancam oleh pinjol ilegal. Mereka tidak memiliki legalitas atau lapangan hukum untuk mengejar kamu. Tetaplah tenang dan yakin bahwa tindakan kamu untuk keluar dari jeratan mereka adalah benar. Jangan terpancing dengan ancaman atau intimidasi mereka yang hanya bertujuan untuk memeras korban.

8. Periksa Kembali Aplikasi di Perangkat

Terakhir, periksalah kembali aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat kamu. Hapus semua aplikasi pinjol ilegal yang masih tersisa. Dengan begitu, penggunaan perangkat kamu akan lebih aman dan bebas dari ancaman pinjol ilegal yang merugikan. Jangan ragu untuk melaporkan mereka kepada pihak berwenang jika masih merasa terancam.

Dengan mengikuti tips aman galbay pinjol ilegal di atas, kamu bisa keluar dari jeratan pinjol ilegal dengan aman. Jangan pernah merasa takut atau terpaksa membayar pinjaman kepada mereka.

Lindungi data pribadi kamu dan laporkan segera jika mendapat ancaman atau intimidasi. Pinjol ilegal tidak memiliki kekuatan hukum, jadi kamu bisa menghadapi mereka dengan tenang dan percaya diri(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: