5 Daerah Unik di Jateng, Ada Desa Cawet dan Kampung Koplak Namanya

5 Daerah Unik di Jateng, Ada Desa Cawet dan Kampung Koplak Namanya

daerah unik di Jateng, ada desa cawet dan kampung koplak namanya-Tangkapan layar diswayjateng.id-

"Seorang musafir yang dulu konon bernama Wiro Sambo sekitar tahun 1700-an. Musafir yang masuk dusun sini yang belum ada nama, tapi seorang musafir itu namanya Wiro Sambo. Terus setelah masuk sini dipakai untuk nama dusun. Terakhir Wiro Sambo berganti nama Kiai Wikono," tutur pria yang juga keturunan kedelapan dari Wiro Sambo tersebut.

5. Desa Jeblog

Desa Jeblog ini berada di Kecamatan Karanganom, Klaten. Sudah sejak lama desa ini memiliki nama yang berkonotasi kurang baik ini. Dalam bahasa Jawa, jeblog memiliki arti becek atau berlumpur. Istilah jeblog juga sering disematkan untuk menyebut prestasi yang jelek.

"Di sini ini daerah rawa, kata orang tua-tua dulu. Karena becek, berawa-rawa dan berair dinamakan Jeblog," kata warga desa setempat, Abdul Ngalim.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jateng Lepas 352 Jamaah Calon Haji Kloter Pertama

Tanah desanya, sambung Abdul Ngalim, awal mulanya tanah OG (government) milik kolonial Belanda. Di utara desa yang merupakan wilayah Desa Ponggok, kata Ngalim, dulunya ada pabrik gula dan sebagian desanya untuk pembuangan limbah tetes. Kondisi itu membuat desanya pada masa lalu selalu becek dan dinamakan jeblog.

Tetapi, air yang melimpah membuat desanya relatif makmur dibandingkan daerah lain. Sektor pertanian, perikanan dan pariwisata menjadi andalan tetapi pertanian yang paling dominan.

Demikian penelusuran tentang tentang daerah unik di Jateng, ada desa cawet dan kampung koplak namanya. Semoga info ini bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: