5 Rekomendasi Masker Alami untuk Atasi Keriput Pada Kulit. Cara Buatnya Mudah dan Dijamin Aman

5 Rekomendasi Masker Alami untuk Atasi Keriput Pada Kulit. Cara Buatnya Mudah dan Dijamin Aman

Masker alami untuk mengatasi kerutan, inilah cara membuatnya-Grid.id-

DISWAYJATENG - Rekomendasi masker alami untuk atasi keriput pada kulit sangat di butuhkan ketika kulit semakin tua. Kulit yang menua bisa menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus atau keriput.

Ini hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, karena semua orang mengalami proses ini saat menua. Selain itu, penggunaan produk seperti masker alami untuk atasi keriput yang akan dibahas kali ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi penuaan dini.

Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan uang banyak untuk mengatasi masalah ini. Tapi sekarang kamu tidak perlu keluar uang banyak, sebab ada beberapa rekomendasi masker alami untuk atasi keriput pada kulit .

Ada beberapa rekomendasi masker alami untuk atasi keriput yang bisa membantu mencegah kulit kusam dan keriput, seperti yang akan kita bahas di bawah ini. 

BACA JUGA:5 Cara Membuat Masker Alami untuk Hilangkan Kerutan pada Kulit

1. Masker Kunyit

Siapa yang tak menginginkan kulit yang cerah dan bercahaya? Salah satu rekomendasi masker alami yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah masker kunyit.

Kunyit telah dikenal sejak lama karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Kandungan-kandungan ini dipercaya dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kusam. 

Manfaat Masker Kunyit:

a.    Perlindungan Kulit dari Sinar UV: Kunyit memiliki sifat antimutagenik yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV yang berbahaya.

b.    Mencerahkan Kulit: Antioksidan dan komponen antiinflamasi dalam kunyit dapat memberikan kilau alami pada kulit, menjadikannya tampak lebih cerah dan bersinar.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Kunyit:

a.    Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok teh air mawar hingga membentuk pasta.

b.    Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah dan leher, kemudian biarkan selama 20 menit.

c.    Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan lembut.

2. Masker Air Beras

Siapa sangka bahwa beras, bahan makanan yang sering kita temui di dapur, juga dapat menjadi rekomendasi masker alami untuk atasi keriput?

BACA JUGA:7 Cara Membuat Masker Alami di Rumah untuk Mengatasi Kulit Keriput, Salah Satunya Menggunakan Nanas

Masker air beras mengandung asam linoleat dan squalene yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit.

Manfaat Masker Air Beras:

a.    Meningkatkan Produksi Kolagen: Asam linoleat dalam air beras membantu meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan komponen penting untuk menjaga kekenyalan kulit.

b.    Perlindungan dari Kerusakan Kulit: Squalene dalam air beras membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menjadikannya tampak lebih sehat dan cerah.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Air Beras:

a.    Rendam tisu atau kapas dalam secangkir air beras selama 10 menit.

b.    Setelah itu, tempelkan tisu atau kapas tersebut pada wajah selama 15-30 menit.

c.    Lepaskan tisu atau kapas dan bilas wajah dengan air bersih.

3. Masker Kentang dan Wortel

Kedua bahan alami ini tidak hanya baik untuk dimasak, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit.

Kentang kaya akan vitamin C yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, sementara wortel mengandung vitamin A dan beta-karoten yang menjaga elastisitas kulit.

BACA JUGA:4 Cara Membuat Masker Alami untuk Mengatasi Penuaan Dini, Bebas Keriput dan Kerutan Kulit Wajah

Manfaat Masker Kentang dan Wortel:

a.    Memperlambat Tanda-tanda Penuaan: Vitamin C dalam kentang membantu meningkatkan kolagen, sementara vitamin A dan beta-karoten dalam wortel mencegah pigmentasi dan keriput.

b.    Memberikan Nutrisi pada Kulit: Kombinasi kentang dan wortel memberikan nutrisi penting pada kulit untuk menjaga kesehatannya.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Kentang dan Wortel:

a.    Haluskan kentang dan wortel dalam perbandingan 1:1, kemudian campur dengan 1 sendok teh air mawar hingga membentuk pasta.

b.    Oleskan pasta tersebut pada wajah dan leher, lalu biarkan selama 20 menit.

c.    Bilas masker dengan air hangat dan keringkan wajah dengan lembut.

4. Masker Kopi

Siapa yang menyangka bahwa kopi tidak hanya menyegarkan di pagi hari, tetapi juga memiliki manfaat bagi kulit? Masker alami untuk atasi keriput ini dipercaya dapat membantu mengurangi bintik-bintik matahari, merah pada kulit, dan garis-garis halus.

Kandungan antioksidan dalam kopi, seperti polifenol, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan tanda-tanda penuaan yang terkait dengan paparan matahari.

Manfaat Masker Kopi:

a.    Melindungi Kulit dari Sinar UV: Antioksidan dalam kopi membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini.

b.    Mengurangi Bintik-bintik Matahari dan Garis Halus: Kafein dalam kopi memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi bintik-bintik matahari dan garis halus.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Kopi:

a.    Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok teh bubuk kakao dan minyak kelapa hingga membentuk pasta.

b.    Oleskan pasta tersebut secara merata pada wajah dan leher, lalu biarkan mengering selama 15-30 menit.

c.    Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin sambil memijat lembut untuk mengangkat masker.

5. Masker Alpukat

Alpukat bukan hanya enak untuk dimakan, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan dalam masker wajah.

Masker alpukat kaya akan antioksidan, seperti karotenoid, vitamin E, dan vitamin C, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kekenyalan kulit.

Manfaat Masker Alpukat:

a.    Melindungi Kulit dari Radikal Bebas: Antioksidan dalam alpukat membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, menjaga kulit tetap sehat dan terlihat muda.

b.    Menjaga Kekencangan Kulit: Vitamin E dalam alpukat membantu menjaga kekencangan kulit, sementara vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Alpukat:

a.    Haluskan setengah buah alpukat dalam mangkuk, kemudian tambahkan 1 sendok oats ke dalamnya dan aduk hingga merata.

b.    Oleskan masker pada wajah secara merata dan diamkan selama 10-20 menit.

c.    Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Dengan menggunakan rekomendasi masker alami untuk atasi keriput ini secara teratur, kamu dapat merasakan manfaatnya bagi kulit dan menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan bercahaya. Ingatlah untuk selalu melakukan uji coba sensitivitas pada bagian kecil kulit sebelum mengaplikasikan masker secara keseluruhan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: