Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadhan 2024 dengan Mudah, Simak Dibawah ini

Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadhan 2024 dengan Mudah, Simak Dibawah ini

tips puasa sehat--

Tips puasa sehat di bulan Ramadhan selanjutnya dengan mengatur pola istirahat.

Tubuh juga perlu istirahat yang cukup terlebih saat menjalani ibadah puasa, hal ini bertujuan supaya tubuh tetap terjaga akan kesehatannya dan sistem imun tidak menurun.

Nah untuk waktu istirahat yang baik yaitu tidur dengan waktu 8 jam per hari, usahakan untuk tidak begadang saat malam hari ya.

4. Minum Air Putih 8 Gelas Perhari

Ketika menjalani ibadah di bulan Ramadhan ini tentunya kamu akan menahan lapar dan dahaga sampai sore hari, oleh karena itu saat sahur kamu perlu memastikan kebutuhan cairan terpenuhi.

Yaitu dengan cara perbanyak minum air putih disaat sahur serta berbuka untuk mencegah dehidrasi datang, kamu wajib minum dengan minimal 8 gelas perhari, yakni 2 gelas pada waktu sahur, 2 gelas pada waktu berbuka, serta 4 gelas pada waktu malam.

Tips puasa sehat yang satu ini wajib kamu lakukan saat menjalani ibadah di bulan Ramadhan ini.

5. Hindari Berbuka dengan Makanan yang Berlebih

Saat berbuka hindari mengonsumsi makanan yang berlebih, hal ini akan menyebabkan efek lemas dan mengantuk lebih cepat.

Karena kandungan karbohidrat dapat menjadikan meningkatnya gula darah dan penurunan kadar insulin, hal ini disebabkan kandungan tersebut akan mentransfer energi pada tubuh.

6. Mengonsumsi Protein dan Serat yang Tinggi

Kandungan protein tentunya sangat baik untuk tubuh, pasalnya kandungan tersebut akan membantu meningkatkan energi pada tubuh.

Sementara kandungan serat akan berfungsi melancarkan proses pencernaan, hal ini dikarenakan serat memiliki mikroba baik di dalam usus.

Contoh makanan yang kaya akan protein yakni telur, tahu, ikan tuna, daging, kacang edamame, serta dada ayam. Sedangkan untuk berserat tinggi yaitu gandum, alpukat, dan sayuran hijau.

kedua kandungan tersebut juga akan memberikan rasa kenyang pada perut dengan rentang waktu yang cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: