Foto Pribadi Disebar oleh DC Lapangan Pinjol? Begini Solusi Supaya Pihak Pinjol Mendapatkan Efek Jera

Foto Pribadi Disebar oleh DC Lapangan Pinjol? Begini Solusi Supaya Pihak Pinjol Mendapatkan Efek Jera

Solusi foto pribadi disalahgunakan oleh DC lapangan pinjol--

DISWAY JATENG - Foto pribadi di sebar oleh DC lapangan pinjol karena menunggak atau galbay? Simak artikel ini sampai tuntas, karena ada beberapa solusi efektif yang dapat Anda coba.

Pinjaman online legal atau ilegal saat ini banyak menggunakan debt collector atau (DC) sebagai penagih pihak ketiga. Keberadaan DC lapangan pinjol terkadang membuat khawatir, apalagi jika mengancam atau menyerbarkan foto pribadi debitur.

Ancaman dari DC lapangan pinjol seperti penyebaran foto dan lainnya, biasanya dilakukan jika debitur galbay. Bahkan penyebaran foto tersebut bisa di media sosial dan menjelek-jelekan mengatasnamakan debitur.

Bagi Anda yang saat ini galbay dan mengalami hal tersebut oleh DC lapangan, tenang saja. Kami akan menjelaskan beberapa solusi efektif jika debt collector menyebarkan foto debitur.

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang yang Menumpuk di Pinjol dengan 5 Strategi Keuangan Paling Efektif Agar Cepat lunas

Perlu diketahui, ancaman seperti ini biasanya dilakukan oleh penyedia pinjaman ilegal. Karena tidak ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pihak penyedia pinjol ilegal melakukan seenaknya.

Tak hanya penyebaran data pribadi saja, bahkan ancaman yang diberikan bisa lebih dari itu. Salah satu kerugian lainnya, yakni praktik penagihan kasar kepada debitur.

Kenapa DC Lapangan Pinjol Bisa Mendapatkan Foto Pribadi Nasabah Galbay?

Lalu, bagaimana pihak DC lapangan pinjol ilegal mendapatkan foto pribadi nasabah galbay? Serta mengedit foto dengan gambar tak senonoh dengan tujuan mempermalukan debitur? 

Salah satu hal yang kerap jarang disadari oleh peminjam saat mengunduh pinjol ilegal, yakni perizinan. Ketika Anda mengunduh aplikasi pasti dimintai akses izin galeri, file, dan nomor kontak.

BACA JUGA: 6 Pinjol Syarat KTP Tanpa DC Lapangan, Kebutuhan Mudah Terpenuhi dan Gak Perlu Panik Adanya Teror

Dengan mengabaikan hal ini, pihak pinjol ilegal bisa mengakses HP Anda dan mengambil foto pribadi di galeri. Padahal di peraturan pinjol legal, pihak penyedia pinjaman hanya boleh mengakses SMS, Kontak, dan tidak boleh mengambil akses yang bersifat pribadi.

Pada poin yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja nasabah tidak boleh lalai dalam memilih aplikasi pinjol dan akses izin di HP. Jika lalai, maka siap-siap mengalami kerugian seperti penyebaran foto pribadi dan lainnya.

Tips Jika Foto Pribadi Disebar oleh DC lapangan Pinjol Ilegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: