Inilah 5 Cara Efektif Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Terbaru 2024, Auto Hilang Permanen

Inilah 5 Cara Efektif Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Terbaru 2024, Auto Hilang Permanen

cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol--foto pemburukuis.com

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau biasa disebut dengan pinjol menjadi salah satu jalan utama ketika keadaan finansial kita sedang mendesak. Apabila tidak ingin menggunakan pinjaman online, maka kalian perlu tahu cara efektif menghapus data pribadi di aplikasi pinjol.

Dengan proses yang cepat membuat orang tergiur. Trend aplikasi pinjol alias pinjaman online tersebut banyak keluhan dari nasabah yang pernah menggunakanya. Karena aplikasi pinjol ilegal dan tidak terdaftar di OJK kerap kali menyalahgunakan data dari pihak nasabah untuk menagih utang. Karena itu, perlu mengetahui cara efektif menghapus data pribadi di aplikasi pinjaman online tersebut.

Cara efektif menghapus data pribadi dari aplikasi pinjaman online atau pinjol, sebelum menghapusnya pastikan utang dan bunga kalian sudah lunas. Pinjaman online saat ini sedang menjadi trend untuk siapa saja yang ingin memperoleh pinjaman uang dengan cepat dan mudah.

Bila kalian sudah terpaksa menggunakan layanan pinjaman online ini, kalian harus berhati-hati agar aplikasi pinjaman online tidak mudah mengakses data kalian dan harus mengetahui cara efektif menghapus data pribadi di aplikasi pinjol alias pinjaman online tersebut. Sebelum kalian menghapus data pinjaman online tersebut, pastikan seluruh utang dan bunga yang kalian punya sudah dilunasi. Jangan pernah melakukan hal ini untuk lari dari tanggung jawab.

BACA JUGA:Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024, Berikut Tipsnya yang Harus Kamu Coba

1. Menghapus Aplikasi Pinjaman Online 

Alternatif ini bisa kalian lakukan setelah menghapus data pada aplikasi, yaitu dengan menghapus aplikasi pinjaman online atau pinjol. Berikut langkah-langkahnya : 

  • Buka menu ‘Pengaturan’ pada ponsel kalian.
  • Selanjutnya, pilih ‘Aplikasi’.
  • Lalu, cari aplikasi pinjaman online yang ingin kalian hapus.
  • Pilih ‘Uninstall

2. Menghubungi Otoritas Jasa Keuangan 

Cara efektif menghapus data pribadi adalah dengan menghubungi otoritas jasa keuangan. Apabila kalian sudah terganggu dengan ancaman pinjaman online atau pinjol, maka kalian bisa menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pihak OJK akan menerima laporan yang berkaitan dengan pinjaman online ilegal. Melalui laporan yang sudah disampaikan penelusuran dan tindak lanjut dapat dilakukan.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk, Perlu Kamu Tahu 8 Langkah Cerdas Ini

  • WhatsApp OJK di nomor 081-157-157.
  • Kontak resmi OJK di nomor 157.
  • Situs resmi Otoritas Jasa Keuangan di ojk.go.id.
  • Alamat email OJK di [email protected].

3. Menghapus Seluruh Data di Aplikasi Pinjaman Online 

  •  Buka menu pengaturan pada ponsel.
  • Pilih ‘Pengaturan Aplikasi’.
  • Jika sudah ketemu aplikasi yang ingin kalian hapus, pilih ‘Hapus Data dan Cache’.
  • Dengan menghapus data di aplikasi pinjaman online, setidaknya kalian dapat meminimalkan risiko tersebar.

4. Menghubungi Call Center 

Cara efektif menghapus data pribadi dengan selanjutnya adalah menghubungi call center. Kalian bisa meminta bantuan ke pusat penyedia pinjaman online atau pinjol jika kalian tetap mendapatkan tagihan padahal kalian sudah melunasinya. Sampaikan kronologisnya dan sertakan bukti-bukti bahwa kalian sudah melunasinya. Dan lakukan pengajuan untuk menghapus data pribadi kalian.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Hindari Kejaran Debt Collector Datang ke Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: