Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk, Perlu Kamu Tahu 8 Langkah Cerdas Ini

Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk, Perlu Kamu Tahu 8 Langkah Cerdas Ini

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Tips keuangan cara melunasi utang pinjol perlu diketahui bagi nasabah yang terpaksa meminjam uang pinjaman online karena banyaknya kebutuhan hidup.

Apabila tidak teliti betul, peminjam bisa terjebak pada pinjol ilegal. Karena itu, sebelum mengajukan pinjaman uang bisa cari tahu legalitasnya dna tahu cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumnpuk.

Pastikan memilih pinjaman online atau pinjol legal yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan sampai utang menumpuk dan jadi masalah baru, salah satunya dengan mengetahui cara melunasi utang pinjol.

Apabila sudah mendapatkan pinjaman uang, ketahui juga cara melunasi utang pinjol alias pinjaman online. Simak tips agar melunasi utang pinjol cepat beres dan tidak menumpuk yang telah kami rangkum berikut ini.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Melunasi Pinjol dengan Tepat Waktu? Gunakan 7 Langkah Cerdas Berikut ini

1. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Kalian perlu menghindari cara membayar pinjaman online dengan gali lubang tutup lubang. Cara tersebut malah akan semakin memperburuk kondisi ekonomi.

Jangan sampai membuka pinjaman lain hanya untuk membayar utang pinjaman online. Pasalnya, utang akan semakin banyak dan menumpuk.

2. Hidup Hemat

Bagi sebagian orang kadang kala terasa sulit harus hidup berhemat di tengah keuangan pas-pasan. Cara melunasi utang pinjol ini bisa dimulai dengan lebih membatasi pengeluaran dan berhemat.

Kalian bisa mengurangi pengeluaran yang bisa dipotong misalnya jajan, laundry, uang pulsa, belanja pakaian atau keperluan yang tidak mendesak.

3. Tambah Pemasukan

Kalian perlu mencari pemasukan tambahan selain pemasukan utama. Hal ini demi menjaga kondisi ekonomi stabil. Kalian bisa melakukan pekerjaan sampingan seperti buka jasa laundry, reseller, jual makanan ringan, fotografi, menulis, hingga les.

4. Prioritas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: