Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024, Berikut Tipsnya yang Harus Kamu Coba

Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024, Berikut Tipsnya yang Harus Kamu Coba

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk--foto infobanknews

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau biasa disebut dengan Pinjol menjadi salah satu alternatif pinjaman yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Hal ini karena proses pengajuannya yang mudah dan cepat, serta persyaratannya yang relatif ringan. Namun, debitur wajib tahu cara melunasi utang pinjol yang menumpuk.

Kemudahan dan kecepatan mendapatkan dana dari pinjol tak jarang membuat nasabah terlena. Padahal mereka memiliki risiko gagal bayar jika tidak dipikirkan secara matang. OLeh karenanya, perlu diketahui cara melunasi utang pinjol khususnya yang menumpuk.

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk sepertinya banyak dibutuhkan debitur. Karena mereka bingung ketika sudah mengajukan pinjaman, namun belum tahu bagaimana untuk pelunasan. 

Pasalnya, tak jarang orang yang terlilit utang pinjol karena tidak mampu mengelola pinjamannya dengan baik. Jika kalian saat ini memiliki utang pinjol yang menumpuk, berikut adalah beberapa cara melunasi utang pinjol yang dapat kalian lakukan, yuk mari kita simak.

1. Buat anggaran

Setelah mengetahui berapa banyak dana yang dapat disisihkan untuk melunasi utang, kalian perlu membuat anggaran untuk mengatur pengeluaran kalian. Anggaran dapat membantu kalian untuk memastikan bahwa kalian tidak menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kalian miliki.

BACA JUGA:8 Cara Melunasi Pinjol Tepat Waktu Anti Galbay Terbaru 2024, Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga

Dalam membuat anggaran, kalian perlu memasukkan semua pengeluarannya, baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran tidak rutin. Pastikan juga kalian mengalokasikan dana untuk kebutuhan pokok, seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi.

2. Hindari gali lubang tutup lubang

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang terlilit utang adalah dengan meminjam uang untuk membayar utang yang lain. Hal ini akan membuat utang kalian semakin menumpuk dan sulit untuk dilunasi.

Karena itu, hindarilah untuk meminjam uang untuk membayar utang pinjaman online. Fokuslah untuk melunasi utang kalian satu per satu, dimulai dari utang dengan bunga tertinggi.

3. Minta bantuan keluarga atau teman

Jika kalian merasa kesulitan cara melunasi utang pinjol sendirian, kalian dapat meminta bantuan keluarga atau teman. Namun, pastikan juga kalian dapat mengembalikan pinjaman tersebut sesuai dengan kesepakatan.

4. Hubungi penyedia pinjol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: