Galbay Bisa Pengaruhi Nasib Anda, Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Agar Terhindar dari Skor Kredit Buruk

Galbay Bisa Pengaruhi Nasib Anda, Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Agar Terhindar dari Skor Kredit Buruk

PINJOL- Cara Melunasi Pinjol! Auto Terhindar dari Skor Kredit!--

DISWAY JATENG - Cara melunasi utang pinjol, agar terhindar dari skor rredit burukakandibahas dalam artikel ini. Apalagi pinjaman online atau pinjol kini semakin banyak digunakan, karena kemudahan pengajuan dan pencairannya.

Namun dengan kemudahan ini seringkali nasabah menjadi sulit melakukan pembayaran karena pinjaman yang diajukan sangat besar. Dengan cara melunasi utang pinjol yang mudah membuat Anda terhindar dari gagal bayar.

Cara melunasi utang pinjol merupakan hal yang dapat dilakukan untuk menghindari BI Checking. Terlebih ketika Anda sudah tidak membayar dalam kurun waktu yang cukup lama tentunya dapat berbahaya.

Sebelum membahas mengenai cara melunasi utang pinjol sebaiknya mengetahui kredit skor pada pinjaman. Kredit skor dihitung berdasarkan angka yang menentukan lamanya Anda dalam melunasi pinjaman.

BACA JUGA: Cara Mengetahui BI Checking, Berapa Skor Kredit yang Tak Boleh Ajukan Pinjaman

Skor kredit nasabah galbay pinjol

Skor 1: Kredit lancar dimaksudkan pada debitur yang melakukan pembayaran pinjaman dan bunga tepat waktu.

Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK) skor ini masih aman, karena nasabah hanya tidak melakukan pembayaran selama 1–90 hari.

Skor 3: Kredit Tidak Lancar pada bagian ini nasabah tidak melakukan pembayaran selama 91–120 hari.

Skor 4: Kredit Diragukan skor ini berarti nasabah sudah tidak melakukan pembayaran selama 121–180 hari.

Skor 5: Kredit Macet skor akhir ini berarti nasabah tidak melakukan pelunasan pembayaran lebih dari 180 hari.

Berikut 5 skor pinjaman yang ada di SLIK OJK, namun hanya pada kredit skor 3 hingga 5 saja Anda akan kesulitan melakukan pinjaman lagi. Untuk itu perlu dilakukan pelunasan terhadap pinjaman yang dilakukan.

BACA JUGA: 6 Pinjol Legal Tanpa BI Checking Pasti Cair Terbaru 2024, Skor Kredit Buruk Gak Jadi Masalah

Cara melunasi utang pinjol merupakan solusi agar Anda bisa mudah dalam mengajukan pinjaman di lembaga keuangan. Namun kredit skor ini tidak dapat langsung berkurang menunggu 60 bulan dan nama Anda akan bersih.

Cara melunasi utang pinjol

1. Buat Daftar Utang

Cara melunasi utang pinjol yang pertama dapat dilakukan dengan cara membuat daftar utang. Pembuatan daftar utang ini berguna bagi Anda yang memiliki banyak utang yang harus dilunasi.

Dengan mendata urgensi utang tersebut, misalkan dari utang yang memiliki bunga tinggi. Ini dimaksudkan agar pinjaman tersebut cepat lunas dan bunga pada pinjaman tersebut tidak semakin banyak.

BACA JUGA: 6 Penyebab Skor Kredit Buruk Walaupun Hutang Pinjol Sudah Dilunasi, Jangan Sampai Diabaikan!

Atau dengan melunasi pinjaman dengan jumlah kecil, karena ketika jumlah utang yang relatif kecil biasanya terlupa. Jadi melakukan pembayaran pada pinjaman yang paling kecil menjadi solusi.

2. Buat Anggaran

Setelah melakukan pembuatan daftar utang Anda dapat membuat rancangan anggaran untuk proses pembayaran. Dengan menghitung jumlah utang, bunga hingga biaya keterlambatan pada pinjaman.

3. Mencari Penghasilan tambahan

Setelah pinjaman sudah dibuat anggaranya, saatnya menyiapkan anggarannya. Namun saat hendak menyiapkan dana untuk melunasi dan dana kurang bisa mencari penghasilan tambahan.

Dengan mencari penghasilan tambahan pendapatan Anda tentu akan bertambah, namun pendapatan ini jangan digunakan untuk hal lain. Apabila utang telah lunas seluruhnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

BACA JUGA: 4 Lembaga Bantuan untuk Melunasi Utang Pinjol, Solusi Jika Nasabah Sulit Bayar

4. Tidak Mengajukan Pinjaman Lagi

Ketika ingin melunasi utang namun biaya untuk melunasi utang dirasa kurang jangan pernah melakukan pinjaman lagi. Apalagi yang bertujuan untuk melunasi utang yang dimiliki sebelumnya.

Ini tidak disarankan karena akan berakibat pada beban finansial yang akan bertambah. Karena harus melunasi utang, bunga dan biaya keterlambatan pada pinjaman lain yang membuat utang tidak akan selesai.

5. Berhemat

Cara terakhir dengan berhemat, cara ini dinilai yang paling sulit untuk dilakukan banyak orang. Apalagi ketika memiliki banyak kebutuhan dan banyak pula hal yang harus dibayarkan maupun dibeli.

Namun dengan berhemat menyimpan sebagian pendapatan maupun pengasilan tambahan dapat mempercepat pelunasan utang. Cara tentunya akan mudah ketika Anda memiliki keinginan untuk melunasi utang Anda.

BACA JUGA: Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga yang Jarang Diketahui Nasabah Galbay

Demikan cara melunasi utang pinjol dengan mudah dan penjelasan singkat mengenai kredit skor pinjaman. Segera lunasi utang yang Anda miliki agar tidak kesulitan saat melakukan pinjaman selanjutnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: