5 Sayuran untuk Atasi Anemia dengan Tepat, Bantu Produksi Hemoglobin

5 Sayuran untuk Atasi Anemia dengan Tepat, Bantu Produksi Hemoglobin

5 Sayuran untuk Atasi Anemia dengan Tepat, Bantu Produksi Hemoglobin--

DISWAY JATENG – Bagi penderita anemia, sayuran untuk atasi anemia sangatlah perlu ditambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Lantas, ada apasaja sih sayuran yang bisa kamu konsumsi? Simak ya!

Menurut ahli, anemia merupakan kondisi dimana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah sehat. Kemudian, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi sayuran untuk atasi anemia. 

Kurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh juga bisa mengurangi asupan oksigen pada jaringan lho. Selain itu, kekurangan zat besi, vitamin B12, asam folat juga bisa menjadi penyebab umum anemia. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sayuran untuk atasi anemia. 

Simak penjelasannya di bawah ini ya!

BACA JUGA:Berikut ini 5 Jenis Makanan Ampuh Cegah Anemia!

Sayuran untuk atasi anemia dengan tepat 

Sayuran memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan zat besi lainnya seperti daging ataupun telur. Meski demikian, kandungan dalam sayuran tergolong zat besi yang tidak mudah untuk diserap. 

Kandungan vitamin C sendiri membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

1.Bayam 

Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung hampir 4 miligram zat besi. Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah. 

Sayuran ini berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung, dan juga melancarkan sistem pencernaan. Alangkah lebih baik jika kamu mengonsumsi sayuran hijau dalam keadaan matang atau telah dimasak.

2.Kentang 

Kentang merupakan sayuran dari umbi yang mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat banyak. Namun, sebagian besar zat besi ini ada di dalam bagian kulit. 

Selain mineral pembentuk hemoglobin, kentang juga merupakan sumber serat yang sangat baik untuk tubuh lho. Satu porsi kentang bisa memenuhi 42 persen kebutuhan vitamin C, B6, dan potassium harian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: