Ditagih DC Lapangan Pinjol ke Rumah dan Belum Ada Uang? Lakukan 5 Cara Cerdas ini

Ditagih DC Lapangan Pinjol ke Rumah dan Belum Ada Uang? Lakukan 5 Cara Cerdas ini

Cara hadapi DC lapangan pinjol jika belum ada uang--

Pertama, cara hadapi DC lapangan pinjol yang datang menagih utang dan Anda belum ada uang yakni tetap tenang. Jika debt collector datang ke rumah, usahan jangan panik dan hindari hal yang bisa menyebabkan pertengkaran.

Apila penagihan dilakukan dengan cara provokatif, sebaiknya nasabah jangan mudah terpancing. Karena hal itu, hanya akan membuat masalah yang berkepanjangan.

2. Terima Kedatangan Debt Collector dengan Sopan dan Jujur

Apabila belum ada uang untuk bayar utang, sebaiknya bicarakan dengan sopan dan jujur dengan DC pinjol. Sampaikan situasi kendala pembayaran utang kepada penagih dan sertakan alasan yang masuk akal.

BACA JUGA:6 Pinjol Modal KTP, Bunga Rendah dan Legal Terdaftar OJK Langsung Cair

3. Minta Keringanan Pembayaran Utang

Apabila sulit melunasi utang, maka nasabah bisa minta keringanan pembayaran kepada DC lapangan pinjol. Debt collector kemungkinan akan mencari jalan keluar dari pemasalah utang yang sulit dibayar oleh nasabah.

4. Minta Rincian Utang Secara Tranparan

Minta informasi lengkap terkait jumlah utang, denda, bunga, dan biaya lainnya secara transaparan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara supaya itikad membayar utang di kemudian hari.

5. Laporkan DC Pinjol Jika Melakukan Pelanggaran

Apabila debt collector didapati melakukan praktik penagihan yang melanggar hukum, maka segera laporkan. Praktik penagihan yang tidak diperbolehkan seperti ancaman, intimidasi, teror, dan lainnya.

Jika penagihan dilakukan dengan cara tersebut, maka segera laporkan ke OJK, AFPI, atau polisi. Jangan lupa untuk menyertakan bukti-bukti yang mendukung terkait penagihan tersebut.

BACA JUGA:20 Pinjol Tanpa Rekening Langsung Cair ke E-Wallet Legal Terdaftar OJK 2024

Demikian informasi seputar cara hadapi DC lapangan pinjol jika belum ada uang untuk melunasi tagihan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: