Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tegal Datangi 2 Puskesmas dan RS DKT

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tegal Datangi 2 Puskesmas dan RS DKT

MONITORING - Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tegal Khofifah saat berkunjung ke 2 puskesmas dan RS DKT Pagongan.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal Khofifah. Mendatangi 2 puskesmas dan Rumah Sakit (RS) DKT Pagongan, Kabupaten Tegal.

Kedua puskesmas itu yakni, Puskesmas Pagiyanten Kecamatan Adiwerna dan Puskesmas Kupu Kecamatan Dukuhturi.

Monitoring itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Keluarga Berencana (KB), baik layanan untuk akseptor perempuan maupun pria.

BACA JUGA:Ada Pemilih dari Luar Kota, TPS 15 Desa Penarukan Kabupaten Tegal Terpaksa PSU

Khofifah menjelaskan, kegiatan ini selain dalam upaya pengendalian dan peningkatan kualitas penduduk, juga sebagai bagian pencegahan stunting terutama pada ibu-ibu pascapersalinan.

Khofifah meminta kepada koordinator lapangan Penyuluh KB Kecamatan Dukuhtruri untuk melaporkan progress hasil intervensi Program Rames Saceting atau Rame-rame ASN Sakabehane Cegah Stunting sampai dengan bulan Desember 2024.

"Sehingga dapat dievaluasi sejauh mana keberhasilan program itu dalam mengurangi angka stunting di Kecamatan Dukuhturi," kata Khofifah, didampingi Sekretarisnya.

BACA JUGA:Taekwondo Bupati Pemalang Cup, Ajang Mencari Bibit Unggul

Di Puskesmas Kupu, terlayani akseptor KB jenis Implan sebanyak 19 orang dan IUD 1 orang. Kemudian di Puskesmas Pagiyanten terlayani 33 akseptor implant dan 1 orang akseptor IUD.

Sementara, hasil monitoring di Rumah Sakit DKT Pagongan melayani akspetor MOP atau vasektomi sebanyak tiga orang.

BACA JUGA:Koramil 04 Comal Kodim Pemalang Adakan Karya Bakti TNI

Kegiatan monitoring pelayanan KB ini dilakukan rangka Penggerakan Bakti Sosial Pelayann KB untuk memperingati Harlah Muslimat NU Kabupaten Tegal Tahun 2024.

Sementara, Kepala Puskesmas Kupu dr Ulinuha mengatakan, selama ini koordinasi dan kerjasama dengan PKB/PLKB sudah berjalan dengan baik dan hal Ini akan tetep dipelihara dan dtingkatkan untuk kualitas pelayanan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: