Penghitungan Suara TPS di Kota Tegal Selesai Tengah Malam

Penghitungan Suara TPS di Kota Tegal Selesai Tengah Malam

PENYERAHAN DOKUMEN — Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara menyerahkan dokumen C Hasil Salinan di Kantor KPU Kota Tegal.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL -Penghitungan hasil pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi Jawa Tengah dan DPRD Kota Tegal di 763 Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah selesai. KPU Kota Tegal menyebut mayoritas penghitungan suara selesai tengah malam, namun juga ada yang rampung sampai waktu Subuh.

Komisioner KPU Kota Tegal Thomas Budiono mengatakan, setelah penghitungan suara selesai dilakukan di masing-masing TPS, logistik Pemilu digeser ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kotak suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dibawa ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk direkap sampai sepuluh hari ke depan.

BACA JUGA:Harga Cabai di Kabupaten Tegal Merangkak Naik

Di PPK, kotak suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang berisi C Hasil akan dibuka dan direkap bersama. Sementara empat kotak berisi surat suara lainnya dan dokumen lain masuk ke gudang. “Alhamdulillah sampai saat ini dari seluruh badan adhoc KPPS sehat semua,” kata Thomas kepada para wartawan di Kantor KPU Kota Tegal.

Thomas menyampaikan, KPU Kota Tegal juga melaksanakan pengumpulan C Hasil Salinan untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Kota Tegal. “Kami meminta KPPS langsung menyampaikan C Hasil Salinan agar KPU memiliki data riil TPS masing-masing," ujar Thomas.

BACA JUGA:Personel Polres Tegal Datangi Panitia Pemungutan Suara

Kendati penghitungan suara telah selesai di tingkat TPS, KPU Kota Tegal belum bisa menyampaikan hasil penghitungan suaranya. Penghitungan suara di tingkat kecamatan akan dilangsungkan mulai Jumat (16/2) hari ini hingga sepuluh hari ke depan, di tingkat kota 20 hari ke depan, tingkat provinsi 25 hari ke depan, dan tingkat pusat 35 hari ke depan.

“Sehingga, pada 20 Maret 2024 sudah selesai di tingkat KPU RI,” ucap Thomas. 

BACA JUGA:Dokkes Polres Tegal Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Petugas Pemilu

Disinggung soal partisipasi pemilih Pemilu 2024 ini, Thomas berharap bisa meningkat dari Pemilu 2019 yang rata-ratanya 77,94 persen. Apalagi, KPU Kota Tegal bersama Pemerintah Daerah dan stakholder terkait telah melakukan berbagai upaya, antara lain dengan melakukan sosialisasi di Jakarta maupun mengadakan TPS unik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: