Sepanjang 4 Kilometer Pantai di Kabupaten Tegal Mengalami Abrasi

Sepanjang 4 Kilometer Pantai di Kabupaten Tegal Mengalami Abrasi

FOTO BERSAMA – Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno foto bersama jajaran Kementerian LHK dan unsur Forkopimda Kabupaten Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kabupaten Tegal memiliki garis pantai sepanjang 13 kilometer. Dari angka tersebut, 3-4 kilometer pantainya mengalami abrasi.

Hal itu diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Joko Kurnianto, saat penanaman bibit pohon serempak di seluruh Indonesia tingkat Jawa Tengah dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang dipusatkan di Pantai Padaharja, Kecamatan Kramat.

BACA JUGA:Bantu Korban Banjir, PMI Kota Tegal Berangkatkan Relawan dan Bantuan ke Demak

Sejauh ini, Joko mengaku, Pemkab Tegal sudah melakukan berbagai upaya guna mencegah abrasi.

“Kami terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk melakukan penanaman pohon di area sekitar pantai, mengikutsertakan komunitas peduli lingkungan untuk membersihkan pantai. Dan ini merupakan langkah strategis untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam,” ujarnya.

BACA JUGA:Camat Margadana Kota Tegal Ajak Warga Perantau Pulang untuk Mencoblos dalam Pemilu

Joko menyatakan, keberadaan ekosistem pantai sangat penting. Tidak saja mencegah interusi air laut, mengikat sedimen dan biofilter alami untuk melindungi kawasan pesisir dari abrasi dan tsunami, tapi juga mampu menyerap emisi karbon.

Terlebih, Pantai Padaharja ini merupakan salah satu destinasi wisata potensial dan perikanan tambak yang harus dijaga keberlanjutannya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga pesisir.

BACA JUGA:Kejuaraan Olahraga Sambut Dies Natalis ke-44 FKIP UPS Tegal

“Dengan konsep ekowisata ini maka potensi ekonomi dari keberadaan hutan cemara bisa ditingkatkan lagi, disamping fungsi ekologi hutan cemara sebagai tempat berkembang biak aneka satwa seperti burung, tupai, dan serangga,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah menyalurkan bantuan bibit pohon cemara laut sebanyak 4.000 batang senilai Rp32,3 juta dan sarana prasarana wisata alam senilai Rp40 juta kepada Kelompok Tani Hutan Sida Mulya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: