6 Tips Menjaga Kesehatan di Usia 40 Tahun

6 Tips Menjaga Kesehatan di Usia 40 Tahun

YOGA. Dapat menjadi salaah satu pilihan olahraga yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, hingga gerak tubuh untuk umr 40 tahun ke atas.--Sumber gambar: Stylecraze

3. Menjaga Pola Makan

Pada usia ini metabolisme tubuh akan mengalami keterlambatan, oleh karena itu menjaga kesehatan di usia 40 tahun dengan menjaga pola makan dan mengurangi konsumsi kalori. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

4. Periksakan Kondisi Tiroid

Anda perlu melakukan pemeriksaan tiroid jika mengalami kelelahan, berat badan bertambah tanpa sebab, rambut dan kulit terlihat kusam. Sebab, kelenjar tiroid dapat membantu mengendalikan tingkat energi dan mengatur hormon.

Jadi, Anda tidak harus menunggu sampai bermasalah, di usia ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk memeriksakan kondisi kesehatan tiroid.

5. Hindari Cedera dan Nyeri Sendi

Seiring bertambahnya usia, otot dan tendon tubuh akan menjadi lebih kaku sehingga dapat meningkatkan risiko mengalami cedera. Olahraga dapat menjadi pilihan untuk mengurangi nyeri sendi, pastikan Anda memilih jenis olahraga yang risiko mengalami cederanya lebih rendah.

6. Jaga Kesehatan Tulang

Tulang menjadi lebih rentan rapuh atau biasa disebut dengan osteoporosis seiring bertambahnya usia. Anda dapat melakukan latihan beban dan daya tahan untuk menjaga kepadatan tulang sebagai upaya menjaga kesehatan di usia 40 tahun.

Anda dapat menggunakan beban atau band resistensi seperti squats, lunges, shouder presses, dan bicep curls.

Menjaga kesehatan di usia 40 tahun ke atas mungkin akan terasa lebih sulit dibandingkan ketika Anda masih muda. Namun, hal ini tidaklah sulit selama Anda tahu dan mau melakukan pola hidup sehat dengan konsisten. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: