Musim Hujan, Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat Kabupaten Pemalang

Musim Hujan, Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat Kabupaten Pemalang

FOGGING - Petugas sedang melakukan fogging guna memberantas sarang nyamuk demam berdarah.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG -  Warga masyarakat di seluruh Kabupaten Pemalang diimbau untuk selalu waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Mengingat saat ini telah memasuki  musim penghujan di awal tahun 2024.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)  Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Aris Gunarto.

BACA JUGA:TK Aisyiyah Bustanul Athafa X Sumurpanggang Kota Tegal Belajar Pengelolaan Sampah

Aris Gunarto mengatakan, warga masyarakat harus waspada terhadap penyakit DBD yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Menurutnya nyamuk tersebut akan lebih banyak berkembang ketika musim penghujan seperti sekarang ini. 

"Memasuki musim penghujan biasanya kasus-kasus yang terkait dengan penyebaran nyamuk cukup meningkat. Makanya warga masyarakat harus selalu waspada dengan penyakit DBD,"katanya.

BACA JUGA:Tiga Guru SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Jadi Agen Perubahan Pendidikan

Disebutkanpada tahun 2023, di Kabupaten Pemalang ada sekitar 100 kasus DBD yang dilaporkan warga dan itu sudah ditindaklanjuti. Sedangkan untuk tahun 2024 dari awal januari sampai dengan awal februari ini sudah ada 5 laporan kasus DBD.

Beberapa diantaranya di Wilayah Kecamatan Petarukan yang baru-baru ini terjadi dan di Kecamatan Watukumpul pada pertengahan januari kemarin dan sudah ditindaklanjuti dengan melakukan fogging atau pengasapan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: