Jenis Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan, Nomor 5 Butuh Kemampuan Khusus

Jenis Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan, Nomor 5 Butuh Kemampuan Khusus

PILATES. Salah satu pilihan olahraga yang dapat menurunkan berat badan.--sumber gambar: Freepik

DISWAY JATENG - Tubuh yang sehat dan ideal dapat dicapai dengan rutin olahraga, diet sehat, serta mengontrol pola makan. Selain itu, cara yang dinilai paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah melakukan olahraga secara rutin.

Ada berbagai macam olahraga yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga kardio dan olahraga lain yang menunjang untuk meningkatkan massa otot.

Anda dapat memilih olahraga sesuai kemampuan dan kondisi kesehatan tubuh. Mulailah dengan olahraga ringan terlebih dahulu ketika belum terbiasa melakukan olahraga berat agar mengalami risiko cedera kecil.

Ketika tubuh sudah mulai terbiasa, Anda bisa upgrade dan melakukan olahraga yang lebih berat dan menguras keringat sesuai kemampuan. Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat Anda pilih untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Tips Diet Golongan Darah yang Efektif Bantu Menurunkan Berat Badan Anda

6 jenis olahraga yang efektif untuk bentuk badan ideal

1. Seni Bela Diri

Seni bela diri dapat menjadi pilihan alternatif yang menantang untuk menurunkan berat badan Anda. Berbagai jenis seni bela diri yang dapat Anda coba seperti, tinju, muay thai, pencak silat, aekwondo, karate, dan sebagainya.

Setiap jenis bela diri memiliki keunikan dan jumlah kalori yang terbakar ketika berlatih. Misalnya, karate, muay thai, dan taekwondo dapat membakar 590-931 kalori per jam, tinju membakar 708-1.117 kalori perjam jika dilakukan dalam pertandingan.

Sebaiknya Anda mengikuti kursus untuk belajar gerakan dengan benar juga menghindari adanya cedera. Tidak hanya orang muda, lansia juga dapat melakukan olahraga asalkan mendapatkan perhatian dan pengawasan.

2. Senam Aerobik

Senam aerobik mampu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan selama berolahraga dan dilakukan dengan diiringi musik. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan, memiliki manfaat untuk membakar kalori serta membantu mengendalikan berat badan.

BACA JUGA: Benarkah Daun Kelor dapat Membantu Menurunkan Berat Badan? Simak Ulasannya!

Studi yang ada pada jurnal Obesity menunjukkan bahwa senam aerobik dapat membantu menurunkan berat badan. Hasilnya, terjadi penurunan berat badan sekitar 4,3-5,6 persen pada orang yang rutin melakukan senam ini selama 5 hari per minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: