Kenali Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi PayLater, Wajib Tahu Sebelum Pakai

Kenali Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi PayLater, Wajib Tahu Sebelum Pakai

untung rugi paylater--foto jaringan prima

4. Banyak Promo

Semakin populernya fitur paylater ini, maka akan semakin banyak pula perusahaan yang memberikan berbagai macam penawaran menarik untuk para penggunanya yang memanfaatkan fitur paylater ketika berbelanja. Dengan adanya promo menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengguna yang tertarik untuk menggunakan metode pembayaran ini.

Kerugian Menggunakan Paylater

BACA JUGA:Syarat Mendapatkan Pinjaman Livin Paylater Mandiri dengan Limit Hingga Rp20 Juta, Ikuti 7 Langkah Berikut Ini

1. Tidak Aman

Apabila dibandingkan dengan kartu kredit bank, maka keamanan dari paylater ini masih tergolong rendah. Sekarang ini, tak sedikit penyedia layanan paylater yang menawarkan berbagai macam penawaran menarik, akan tetapi tidak terjamin keamanannya. Karena itu, pastikan aplikasi paylater yang kita gunakan sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

2. Menjadi Lebih Konsumtif

Dengan bunga yang cukup rendah dan berbagai macam tawaran yang tidak kalah menarik, kita bisa hilang kendali dan akhirnya memutuskan untuk membeli barang-barang yang diinginkan begitu saja tanpa adanya perhitungan yang matang. Penting untuk kita ingat bahwa paylater ini merupakan metode pembayaran yang bisa membuat kita lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.

3. Pengelolaan Keuangan yang Berantakan

Kalap berbelanja tentu akan menjadi salah satu hal yang membuat catatan keuangan menjadi berantakan, termasuk juga daftar laporan keuangan yang sebelumnya sudah direncanakan. 

4. Menurunnya Skor Kredit

BACA JUGA:Ketahui Cara dan Tips Menggunakan SPaylater dengan Mudah, Berikut Keuntungannya yang Harus Kamu Tahu

Setiap orang tentu tidak ada yang bisa mengetahui prediksi di masa mendatang dengan pasti. Kita bisa saja mengalami kejadian yang tidak terduga setiap waktu, yang mana bisa membuat kita tidak bisa membayar tagihan secara tepat waktu dan kesalahan tersebut dapat terjadi dalam beberapa waktu yang cukup lama. Dampaknya, tagihan kita akan selalu meningkat. Hal itu akan mengakibatkan reputasi kredit menjadi semakin buruk. Itu artinya, skor kredit kita akan dinilai buruk. Perlu dipahami bahwa fitur seperti ini sama halnya seperti fitur cicilan bank.

5. Menambah Banyak Hutang

Khusus untuk pengguna paylater yang hobi berbelanja online, metode pembayaran yang satu ini tentu akan membuat hutang menjadi lebih banyak. Setiap ingin membeli apa saja, pengguna jadi tidak harus berpikir lagi. Alhasil, tagihan akan menjadi menumpuk di akhir bulan tanpa disadari. Bahkan, pengguna juga akan terkena beban bunga dan denda apabila terlambat membayar tagihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: