Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas, Aman dan Efektif

Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas, Aman dan Efektif

cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk--foto radar tegal

Apabila kalian lebih memilih menyelesaikan sendiri dengan kartu kredit pribadi, maka bisa memanfaatkan sistem pembayaran bulanan otomatis pada tagihan kartu kreditmu. Strategi ini bisa dijadikan opsi cara melunasi utang pinjol lebih awal agar tidak mendapat beban tambahan dari bunga atau denda keterlambatan.

4. Jual Aset Bila Perlu

Cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk bisa dilakukan dengan menjual aset. Ini merupakan cara pintas untuk mendapatkan uang dengan cepat.

Meskipun demikian, kalian harus pikirkan dengan baik apakah hal tersebut sebanding atau tidak. Ada baiknya sebelum melakukan penjualan aset, kalian memikirkan nilainya terlebih dahulu. Di samping itu, pastikan aset yang dipilih juga bisa terjual cepat agar kalian bisa segera melunasi pinjol.

5. Gunakan Metode Debt Snowball

Debt snowball adalah cara melunasi hutang pinjol dengan membayar dari nominal yang terkecil ke terbesar. Kelebihan menggunakan metode debt snowball adalah menambah motivasi dalam melunasi pembayaran utang.

Namun, debt snowball juga memiliki kekurangan yaitu saat hendak membayarkan utang yang besar, kemungkinan bunganya semakin tinggi. Karena itu, kalian tetap perlu menyusun strategi yang paling tepat dan efektif dalam melunasi pinjol.

6. Gunakan Uang Ekstra untuk Membayar Hutang

Jika kalian berkesempatan mendapatkan uang ekstra, maka jangan tergoda untuk membelanjakannya pada hal-hal yang tidak perlu. Uang ekstra yang kalian dapatkan bisa digunakan sebagai cara bayar utang pinjol. 

Dengan demikian, kalian juga akan terhindar dari beban biaya bunga pinjaman. Uang ekstra ini dapat berupa hadiah lotre, pengembalian pajak, hadiah ulang tahun, warisan, tunjangan hari raya, bonus kerja, dan lainnya.

BACA JUGA:Hutang Pinjol Menumpuk? Berikut 8 Cara Ampuh Melunasi Hutang Tanpa Takut Didatangi Debt Collector

7. Cari Pemasukan Tambahan

Cara melunasi hutang pinjol dengan cepat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan waktu luang untuk mencari pemasukan tambahan.

Kalian bisa memanfaatkan waktu di malam hari atau akhir pekan untuk mengambil pekerjaan sampingan. Saat ini juga sudah banyak peluang usaha tanpa modal maupun pekerjaan lepas yang bisa kalian manfaatkan agar pemasukan bertambah.

8. Hindari Refinancing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: