Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas, Aman dan Efektif

Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas, Aman dan Efektif

cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Banyak orang kesulitan mencari cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk. Tak jarang, hal ini akhirnya menjadi penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga. 

Itulah mengapa pinjol sebetulnya bukan pilihan bijak untuk menutupi segala persoalan finansial yang kalian miliki, apalagi bila hanya dipakai demi memenuhi gaya hidup konsumtif. Hal tersebut tentu akan menjadi malapetaka jika tak segera dibayarkan. 

Berikut Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk

Ada berbagai cara melunasi pinjaman online yang bisa kalian pertimbangkan agar cepat terbebas dari utang, Berikut ini adalah beberapa tips melunasi pinjaman online :

1. Jalani Hidup Hemat

Hidup hemat bisa menjadi cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk. Karena dengan berhemat kalian bisa mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Tentu tidak semua hal bisa dikurangi. Karena itu, harus dibuat strategi yang sesuai dengan kondisi.

Kalian bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk hal yang tidak perlu, seperti nongkrong, liburan, dan sebagainya. Saat belanja, kalian bisa memanfaatkan diskon atau promo.

BACA JUGA:Benarkah Hutang Pinjol Bisa Hangus dalam Waktu 90 Hari? Fintech Tak Boleh Lagi Tagih Nasabah

Hal yang perlu diingat, pastikan semua alokasi dana hasil berhemat dimasukkan untuk pembayaran pinjaman online.

2. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran

Cara melunasi hutang pinjol dengan cepat bisa kalian lakukan melalui analisis pada pendapat dan pengeluaran. Buatlah perencanaan pendapatan dan pengeluaran, kemudian tetapkan strategi yang tepat untuk melunasi hutang. Kalian juga bisa mencoba tools ataupun kalkulator keuangan pribadi online dalam membuat perencanaan. Upayakan juga untuk menambah pemasukan dan meminimalisir pengeluaran untuk hal-hal yang tidak darurat.

3. Minta Permohonan Pembayaran dengan Bunga Rendah

Kalian bisa mencoba cara bayar hutang pinjol yang menumpuk dengan bunga rendah melalui dua opsi, yaitu mendiskusikan dengan pihak piutang atau menggunakan sistem otomatis kartu kredit. 

Sebagian pihak piutang menyediakan cara melunasi utang pinjol dengan cepat menggunakan biaya tambahan. Jika cara tersebut layak dicoba dan sesuai kemampuan, kalian bisa mempertimbangkan opsi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: