7 Kesalahan Saat Mencuci Muka, Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak

7 Kesalahan Saat Mencuci Muka, Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak

Kesalahan saat mencuci muka salah satunya yaitu mengeringkan muka menggunakan handuk dengan cara diusap secara kasar--

3. Terlalu sering menggunakan facial wash

Terlalu sering menggunakan facial wash bukan berarti wajah akan menjadi jauh lebih glowing. Mencuci muka terlalu sering akan menyebabkan kulit menjadi iritasi dan meningkatkan produksi minyak berlebih. 

Maka, gunakan facial wash untuk mencuci muka sesuai anjuran yang ditetapkan yaitu 1 sampai 2 kali sehari. 

4. Tidak mencuci tangan 

Saat akan mencuci muka, sebaiknya dengan tangan bersih. Kesalahan mencuci muka yang paling dianggap sepele adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu. 

Menuangkan facial wash ke tangan yang masih kotor dan mengusapkannya ke wajah bisa menyebabkan bakteri dan kotoran yang ada pada tangan berpindah ke wajah. Oleh sebab itu, cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan facial wash. 

5. Menggosok wajah dengan handuk

Salah satu kesalahan mencuci muka yang sering dilakukan adalah mengeringkan muka dengan cara menggosokkan handuk pada muka. Padahal, ini akan membuat kulit menjadi iritasi, cepat keriput, dan kehilangan elastisitasnya karena kulit tertarik oleh handuk. 

Cara yang baik untuk mengeringkan muka adalah dengan cara menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk bersih. Handuk untuk wajah harus berbeda dengan handuk mandi, sehingga kebersihan wajah terjaga. 

BACA JUGA: Terbukti Ampuh! Ini Dia Rekomendasi Produk Cuci Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat

6. Mencuci muka dengan air panas

Banyak dipercaya bahwa mencuci muka dengan menggunakan air panas dapat membuka pori-pori sedangkan air dingin dapat menutup pori-pori, padahal itu hanya mitos.

Pori-pori tidak memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup. Maka dari itu, mencuci muka dengan menggunakan air panas tidak akan memberikan pengaruh pada pori-pori, malah akan membuat kulit menjadi kering.

7. Tidak menggunakan pelembab 

Menggunakan pelembab setelah mencuci muka sangat dipenting, karena untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah. Oleh sebab itu, gunakanlah produk pelembab setelah mencuci muka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: