Inilah 4 Alternatif Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank selain Pinjol untuk Karyawan, Proses Cepat dan Aman

Inilah 4 Alternatif Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank selain Pinjol untuk Karyawan, Proses Cepat dan Aman

pinjaman tanpa jaminan selain pinjol--foto mekari

DISWAY JATENG - Seringkali layanan pinjaman online atau pinjol menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan janji-janji manis seperti bunga rendah, tenor panjang, dan cepatnya pencairan dana pinjaman.

Tak sedikit masyarakat yang percaya dan mengajukan pinjaman tanpa jaminan ke layanan tersebut tanpa menyelidiki latar belakang perusahaan penyedianya. Akhirnya, masyarakat pun terjerumus ke dalam jeratan pinjol ilegal.

Menurut Bhima Yudhistira Adhinegara, Ekonom dari Celios, banyak tersedia alternatif pinjaman pribadi non-bank selain pinjol, yang juga menyediakan pinjaman tanpa jaminan. Hal itu tentunya mencerminkan bahwa masyarakat Indonesia, termasuk karyawan, belum mempunyai kemampuan untuk memilah lembaga pinjol yang valid dan kredibel. 

Pinjaman tanpa jaminan seringkali disebut sebagai pinjaman tanda tangan atau pinjaman pribadi yang disetujui tanpa menggunakan properti atau aset lain sebagai jaminan. 

Di bidang keuangan, pinjaman tanpa jaminan mengacu pada semua jenis utang atau kewajiban umum yang tidak dilindungi oleh penjamin, atau dijamin dengan hak gadai atas aset tertentu peminjam dalam kasus kebangkrutan atau likuidasi serta kegagalan untuk memenuhi persyaratan pembayaran.

BACA JUGA:Syarat Mudah Pengajuan Pinjaman JULO dengan Keunggulannya yang Harus Kamu Tahu, Solusi Pinjaman Tanpa Jaminan

Daftar Alternatif Pinjaman Pribadi Non-Bank

Selain mencari pinjaman tanpa jaminan melalui bank, kalian juga dapat mengambil opsi alternatif lain yaitu mencari pinjaman dari non bank yang tidak membutuhkan persyaratan jaminan. Beberapa rekomendasi yang dapat kalian temukan adalah sebagai berikut :

1. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam dapat menjadi salah satu solusi lembaga non bank yang menyediakan fasilitas peminjaman dana tanpa jaminan. Lembaga dengan jenis ini mengedepankan asas kekeluargaan, sehingga dalam proses peminjamannya tidak begitu rumit dan mudah.

Syarat yang perlu kalian penuhi agar dapat melakukan peminjaman di koperasi simpan pinjam adalah dengan mendaftarkan diri menjadi keanggotaan koperasi.

Kelebihan lainnya dari koperasi simpan pinjam adalah bunga yang terbilang rendah (di beberapa tempat bahkan tidak memberikan bunga), cicilan bunga yang dapat disesuaikan, serta dapat mendapatkan pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha).

2. Pinjaman Koperasi Karyawan

Sumber pinjaman pribadi non bank lain yang aman dan tak memerlukan pinjaman adalah koperasi karyawan. Apabila ingin meminjam di koperasi, pastikan terlebih dahulu bahwa koperasi tersebut terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: