Tingkatkan Kapasitas, Dosen IBN Tegal Dilatih Penulisan Karya Ilmiah

Tingkatkan Kapasitas, Dosen IBN Tegal Dilatih Penulisan Karya Ilmiah

YERI NOVELI/RADAR SLAWI PELATIHAN - Sejumlah dosen FITK IBN Tegal foto bersama usai mengikuti pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis luaran (Jurnal Ilmiah) di Semarang.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sedikitnya 28 dosen Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal mengikuti pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis luaran (Jurnal Ilmiah) yang bertajuk Capacity Building.

Ketua Panitia Kegiatan, Syamsul Falah mengatakan, pelatihan yang diikuti para dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IBN Tegal ini dipusatkan di wisata Umbul Sidomukti Ungaran, Semarang.

Dalam pelatihan itu, pihaknya menghadirkan narasumber Ma'as Shobirin Peneliti dari Kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang.

BACA JUGA:Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Jajaki Kerjasama Bareng LPPOM

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja dekan bersama Kaprodi yang telah direncanakan pada awal tahun akademik," kata Syamsul Falah, yang juga menjabat sebagai Kaprodi PGMI IBN Tegal.

Dia berujar, dalam pelatihan itu, para peserta sebanyak 28 dosen ini membedah isu-isu yang menarik untuk dilakukan penelitian dan mempublikasikan melalui Jurnal Ilmiah sebagai luarannya.

Para dosen diminta memperbanyak tulisannya dan nantinya bisa dilihat produktifitas dosen melalui Google Schoolar.

BACA JUGA:Polres Tegal Berbagi Peduli dengan Penghuni Rumah Tidak Layak Huni

"Narasumber juga menyarankan akan pentingnya bagi Dosen untuk meluangkan waktunya minimal 15 - 20 menit setiap harinya untuk menulis," kata Syamsul Falah.

Sementara, Dekan FITK IBN Tegal Moh. Shobirin mengatakan, biasanya yang sangat urgen untuk menjadi landasan penilaian di akreditasi yakni soal tulisan dosen di jurnal ilmiah.

Karena itu, para dosen harus maksimal dalam penulisan karya ilmiah termasuk berkolaborasi dengan mahasiswa ketika membuat karya ilmiah berbasis luaran.

BACA JUGA:LVRI Gelar HUT ke-67 di Pendapa Kabupaten Pemalang

"Semoga pelatihan ini dapat memberikan pemahaman mengenai metode penulisan artikel ilmiah yang baik dan berkualitas," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: