Kenali 7 Cara Melunasi Hutang Secara Efektif dan Cepat, Solusi Cerdas saat Ekonomi Sulit

Kenali 7 Cara Melunasi Hutang Secara Efektif dan Cepat, Solusi Cerdas saat Ekonomi Sulit

cara melunasi hutang secara efektif--foto sobat pajak

5. Take over kredit

Take over kredit merupakan salah satu cara melunasi hutang yang cukup efektif. Kalian bisa menjual kembali kendaraan yang masih memiliki cicilan untuk dilanjutkan kepada pihak pembeli kendaraan nantinya. 

6. Mulai bayar dengan skala prioritas

BACA JUGA:Terjerat Hutang Pinjol? Inilah Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk Agar Tidak Galbay, Terbukti Efektif

Berdasarkan catatan utang yang kalian buat, kalian akan menemukan beban utang mana saja yang masuk ke dalam daftar prioritas. Kalian bisa mengatur skala prioritas dari perhitungan tenor serta besaran total dari beban utang yang kalian miliki. Pastikan untuk membayar secara maksimal utang yang masuk ke dalam skala prioritas tersebut.

7. Buatlah rekapitulasi hutang

Kalian perlu membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang kalian terlebih dahulu. Hal ini merupakan langkah penting untuk dilakukan agar kalian bisa menemukan skema terbaik dalam kembali menghadirkan kestabilan finansial dengan melunasi utang.

Buatlah daftar utang, mulai dari cicilan rumah, cicilan kendaraan, cicilan kartu kredit, serta cicilan pinjaman lainnya yang kalian miliki saat ini. Beri informasi secara rinci terkait jumlah total serta cicilan per bulannya. Selanjutnya kalkulasikan dengan pendapatan yang kalian punya. Cara melunasi utang ini bisa membantu kalian merencanakan atau memilih beban utang mana saja yang jadi prioritas utama untuk dilunasi agar kondisi keuangan kalian kembali stabil dan bisa menjalani hari-hari lebih nyaman.

 

Demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi hutang secara efektif yang bisa jadi pertimbangan buat kalian saat mau mengajukan pinjaman. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: