Kenali 7 Cara Melunasi Hutang Secara Efektif dan Cepat, Solusi Cerdas saat Ekonomi Sulit

Kenali 7 Cara Melunasi Hutang Secara Efektif dan Cepat, Solusi Cerdas saat Ekonomi Sulit

cara melunasi hutang secara efektif--foto sobat pajak

DISWAY JATENG - Dengan kondisi finansial yang semakin tidak pasti di masa sekarang ini, mau tidak mau kalian perlu kembali melakukan evaluasi terhadap cara melunasi utang atas tagihan yang kalian miliki saat ini.

Ketelitian merupakan hal penting yang perlu kalian tanamkan sebagai salah satu modal cara melunasi hutang secara efektif. Pasalnya, kalian membutuhkan perhitungan yang matang agar bisa menemukan caranya dengan baik tanpa harus mengorbankan kebutuhan kalian sehari-hari.

Secara umum, akan sangat wajar jika kalian memiliki beban utang tidak melebihi dari 30% dari pendapatannya. Namun ada kalanya kalian merasa mampu untuk memiliki utang di atas persentase tersebut. Rasa percaya diri tersebut kadang memang bisa menghadirkan hasil sesuai ekspektasi, namun tidak jarang juga malah membawa kalian keterpurukan dengan beban utang di luar kemampuan finansial kalian.

Cara melunasi hutang Secara efektif

1. Perkuat niat dan tekad

Mungkin setelah mengetahui total beban utang yang kalian miliki saat ini bisa saja akan merasa cemas dan takut tidak bisa melunasi segala macam tagihan yang kalian miliki tepat waktu. Untuk itu, kalian harus tenang dan beristirahat sejenak.

BACA JUGA:Terjerat Hutang Pinjol? Begini 10 Cara Melunasi Hutang Pinjol sampai Tuntas, Aman Terkendali

Gunakan waktu istirahat untuk berpikir jernih sambil menumbuhkan niat dan tekad yang kuat. Pasalnya, niat dan tekad ini dibutuhkan agar kalian mampu disiplin dalam menjalani tanggung jawab untuk melunasi hutang yang dimiliki saat ini. Pastikan juga kalian memikirkan tentang konsekuensi yang mungkin saja akan mengganggu alokasi dana kebutuhan sehari-hari.

2. Menjual barang yang tidak terpakai

Jika dirasa penghasilan kalian masih kurang memenuhi dalam membayar utang yang dimiliki, kalian bisa untuk menjual barang-barang yang tidak terpakai sebagai salah satu cara melunasi hutang secara efektif. Barang-barang yang tidak terpakai ini biasanya masuk ke dalam kategori barang subtitusi atau barang komplementer kalian sehari-hari. 

3. Cari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan juga merupakan salah satu untuk kalian lakukan agar dapat segera menyelesaikan beban utang yang dimiliki. Dengan memiliki penghasilan tambahan, kalian akan lebih leluasa mengatur keuangan untuk membagi dalam melunasi utang serta kebutuhan sehari-hari.

4. Jangan kembali berutang

Dalam menjalankan cara melunasi hutang secara efektif, sangat tidak dianjurkan kalian untuk membayar utang dengan cara kembali berutang. Alangkah lebih baiknya kalian menyelesaikan segala beban utang yang dimiliki hingga lunas. Agar tidak lagi mengalami kondisi kesulitan dalam melunasi utang, ada baiknya untuk mengubah gaya hidup yang kalian miliki. Minimalisasi keberadaan utang untuk kebutuhan yang esensial, seperti kepemilikan rumah atau kendaraan. Untuk keperluan yang bersifat non esensial seperti liburan atau belanja gadget, akan lebih baik jika kalian menyiapkan tabungan terpisah demi memenuhi keinginan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: