10 Rekomendasi Makanan Khas Toraja dengan Cita Rasa yang Unik dan Menarik, Wajib Cicipi saat Berwisata!

10 Rekomendasi Makanan Khas Toraja dengan Cita Rasa yang Unik dan Menarik, Wajib Cicipi saat Berwisata!

makanan khas toraja--foto pinterest

DISWAY JATENG - Tana Toraja adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas daerah sekitar 3.203 km² dan dihuni oleh 268.588 jiwa (sensus tahun 2017).

Tana Toraja ini termasuk salah satu kabupaten di Indonesia yang masih mempertahankan budaya tradisionalnya dengan erat.

Meskipun tidak seterkenal masakan Padang, namun makanan khas Tana Toraja tidak kalah menggoyang lidah dan menimbulkan rasa ketagihan. Makanan khasnya cukup bervariasi, baik dilihat dari bahan yang digunakan maupun cara masaknya sehingga menjadikan cita rasa khusus.

Inilah Daftar Makanan Khas Tana Toraja yang Wajib Kalian Cicipi :

1. Pa’piong

Masakan dengan nama Pa’piong terdiri dari dua macam, yaitu bahan utamanya dan tambahan sayur. Jenis sayur yang bisa digunakan adalah pelepah pisang yang masih muda, bulunangko atau daun mariana. Sedangkan untuk bahan utamanya bisa berupa ikan atau daging ayam. Jika berupa ikan, maka dikenal dengan nama pa’piong bale, lain halnya ketika ayam yang digunakan, kuliner ini disebut dengan pa’piong manuk.

BACA JUGA:Harga Tiket 5 ribu saja! Tebing Romantis Toraja, Pesona Savana Cantik yang Mirip Bukit Teletubies

2. Pokon

Jenis makanan khas Toraja ini kalau di Jawa dikenal dengan nama lepet, sangat jelas terlihat dari bentuknya. Hanya saja pembungkusnya yang berbeda, jika lepet menggunakan janur atau daun kelapa, maka Pokon menggunakan bambu dengan ukuran besar.

Untuk membuat makanan ini dibutuhkan bahan utama berupa ketan hitam dan parutan kelapa. Kedua bahan dicampur menjadi adonan, kemudian dibungkus dan dimasak dengan cara dikukus. Masyarakat Toraja biasa menyantap hidangan ringan ini dengan segelas kopi atau teh hangat di sore hari.

3. Pantollo Pamarrasan

Pantollo Pamarrasan dengan citarasa gurih dan nikmat. Bahan dari kuliner ini bisa apa saja, misalkan belut, daging, atau juga ikan. Ciri khasnya yaitu dari rempah yang digunakan, harus ada keluwek seperti halnya rawon yang ada di Jawa. Di Tana Toraja sendiri, keluwek dikenal dengan nama Pangi.

4. Pa’lawa

Daging ayam memang nikmat diolah untuk berbagai jenis masakan, salah satunya adalah Pa’lawa. Cara membuat makanan ini tidak lah sulit, cukup sediakan bahan utamanya. Selain ayam, bahan yang harus ada yaitu santan dan parutan kelapa. Sedangkan untuk rempahnya menggunakan bawang putih, merica, air perasan jeruk nipis, dan garam secukupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: