Perlu Dipahami, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit sebelum Menggunakannya, Keamanan tetap Terjamin!

Perlu Dipahami, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit sebelum Menggunakannya, Keamanan tetap Terjamin!

kelebihan dan kekurangan kartu kredit--foto popbela.com

DISWAY JATENG - Ada berbagai manfaat, kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang perlu kalian pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Berdasarkan data Bank Indonesia seperti dikutip Bisnis, sebenarnya pertumbuhan penggunaan kartu kredit di Indonesia mengalami perlambatan sejak 2015. 

Hingga akhir 2018, terdapat 17,28 juta keping kartu kredit yang beredar. Angka ini hanya naik 0,2% dari tahun sebelumnya.

Salah satu penyebabnya adalah perkembangan teknologi pembayaran digital atau fintech. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kartu kredit masih menjadi salah satu pilihan masyarakat karena beragam manfaat yang dimilikinya.

Banyak orang masih menganggap kartu kredit sebagai solusi paling mudah untuk membayar sesuatu secara langsung ketika tidak punya dana tunai. Meski demikian, jika tidak digunakan dengan bijak, menggunakan kartu kredit justru mampu membawa malapetaka.

Kelebihan Kartu Kredit

BACA JUGA:Ketahui Jenis Kartu Kredit BCA dengan Berbagai Fitur Penawaran yang Menarik, Cek Sebelum Membuat!

1. Keamanan terjamin

Manfaat dari kartu kredit adalah adanya sistem keamanan khusus. Jika suatu saat kalian kehilangan kartu kredit, perusahaan kartu kredit dapat menahan transaksi yang kemungkinan dilakukan oleh orang lain dengan kartu kreditmu. Perusahaan kartu kredit juga bisa memberitahu jika ada transaksi mencurigakan dengan kartu kredit.

2. Membayar belakangan

Manfaat kartu kredit selanjutnya adalah memungkinkan untuk membeli atau membayar sesuatu walaupun sedang tidak memiliki uang cash, terutama jika kalian membutuhkannya segera.

Kalian bisa membayar tagihan kartu kredit pada akhir periode yang telah ditentukan. Usahakan untuk membayarnya tepat waktu agar reputasi rekeningmu tetap aman.

3. Sarana membangun track record

Kalian mungkin membutuhkan lebih dari satu kartu kredit. Karena itu kalian bisa membangun track record yang baik dengan membayar kredit sesuai jatuh tempo yang seharusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: