Perlu Dipahami, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit sebelum Menggunakannya, Keamanan tetap Terjamin!

Perlu Dipahami, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit sebelum Menggunakannya, Keamanan tetap Terjamin!

kelebihan dan kekurangan kartu kredit--foto popbela.com

Informasi yang diberikan salah satunya adalah tentang kedisiplinan membayar kredit. Jika kalian memiliki track record yang baik, besar kemungkinan kalian diizinkan membuat kartu kredit yang lain.

4.  Poin reward

Banyak kartu kredit yang memberikan poin reward bagi penggunanya. Poin-poin ini didapatkan setiap pengguna melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Selain itu, banyak pula kartu kredit yang memberikan promo lainnya, seperti cashback dan diskon. Promo ini sering terjadi dalam penggunaan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat dan hotel. Jika kalian mampu memanfaatkannya dengan baik, kartu kredit akan memberikan keuntungan yang cukup besar untuk kalian.

Kekurangan Kartu Kredit

1. Ketagihan untuk berhutang

Kekurangan dari kartu kredit adalah kemudahannya untuk membayar. Namun, hal ini bisa membuat kalian merasa nyaman untuk berhutang.

Kartu kredit dapat membuatmu sulit mengontrol diri untuk membayar atau membeli sesuatu tanpa punya uang cash pada saat itu. Banyak pengguna kartu kredit terjebak dalam masalah ini. Karena itu, jika kalian benar-benar ingin memanfaatkan kartu kredit dengan baik, kalian harus ketat mengatur dirimu dalam penggunaan dan pengaturan finansial.

2. Banyak biaya tambahan

Ketika menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus kalian bayarkan kepada perusahaan. Biaya-biaya ini jumlahnya bisa lebih besar daripada menggunakan sarana peminjaman uang lainnya.

BACA JUGA:Ketahui Kelebihan Kartu Kredit vs Pinjaman KTA sebelum Ajukan ke Bank

Beberapa biaya di antaranya yaitu annual percentage rate atau presentase bunga tahunan (APR), biaya layanan, dan penalti yang harus kalian bayarkan jika terlambat membayar pinjaman. Jika tidak mampu membayarnya, hutang kalian akan terus bertambah dan menjadi beban di kemudian hari.

3. Berhubungan dengan skor kredit

Skor kredit merupakan hal yang dapat menentukan apakah pengajuan peminjaman diterima atau tidak. Jika kalian memiliki skor kredit yang baik, maka kalian berkesempatan membuka kartu kredit lain atau melakukan peminjaman.

Penggunaan kartu kredit sangat berhubungan dengan skor kredit. Skor kredit yang rendah bisa menjadi masalah ketika kalian sedang sangat membutuhkan sesuatu, tetapi kalian tidak bisa membayarnya dengan kartu kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: