Puluhan Petugas Pemadam Kebakaran Geruduk Kantor BKPSDMD Kabupaten Brebes Protes Seleksi PPPK

Puluhan Petugas Pemadam Kebakaran Geruduk Kantor BKPSDMD Kabupaten Brebes Protes Seleksi PPPK

ARMADA - Personel damkar honorer Kabupaten Brebes menggunakan mobil armada saat menggeruduk Kantor BKPSDMD.Foto:Syamsul Falaq/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, BREBES - Merasa tidak puas dengan hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, puluhan personel pemadam kebakaran menggeruduk Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten BREBES. Bahkan, kedatangan honorer tersebut menggunakan dua unit armada mobil damkar dan tanki. Tujuannya, meminta penjelasan terkait hasil seleksi PPPK karena banyak yang tidak lolos.

Aksi protes personel damkar honorer tersebut, lantaran pengabdian yang sudah bertahun-tahun terkesan diabaikan. Terlebih, dalam melaksanakan tugasnya honorer damkar berjibaku dengan taruhan nyawa. Termasuk, semua beban berat pekerjaan yang memiliki risiko tinggi sebagai bentuk pengabdian. Sehingga, mereka mempertanyakan hasil seleksi ASN PPPK yang dinilai tidak berpihak kepada honorer petugas Damkar yang sudah sekian lama mengabdi.

BACA JUGA:Sinergitas Forkopimda Kabupaten Tegal dalam Menjaga Keamanan Misa Natal

Kepala Bidang Linmas dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Brebes Sujadi menyampaikan, kehadirannya ikut mengawal personel honorer yang ingin meminta klarifikasi. Sebab, anggota damkar yang ikut rekrutmen PPPK merasa kurang puas karena dinyatakan tidak lolos seleksi belum lama ini.

"Dari 7 formasi damkar, hanya lima honorer personel damkar yang lolos. Sedangkan, dua lainnya yang lolos justru dari pihak luar. Padahal, anggota damkar ada tambahan nilai dari sertifikat khusus, itu yang kami pertanyakan," ungkapnya kepada awak media usai audiensi.

BACA JUGA:Produksi Getah Pinus di Kabupaten Tegal Lampaui Target

Diangkat sebagai ASN PPPK, lanjut Sujadi, menjadi harapan personel damkar honorer. Terlebih, mereka menjadi prioritas dengan jalur afirmasi dengan hasil penilaian seleksi Computer Asesment Test. Sehingga, kesejahteraan petugas damkar lebih baik sebagai kontribusi pekerjaannya. Menurutnya, hingga kini tercatat masih 35 personel damkar yang berstatus honorer.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi BKPSDMD Brebes Muhammad Darmawan Adinugroho menjelaskan, dalam rekrutmen ASN PPPK memang dibuka formasi untuk jabatan fungsional pemadam kebakaran. Bahkan, berdasarkan petunjuk teknis penilaian khusus bagi petugas damkar terdapat nilai tambahan sertifikat. Yakni, sertifikat khusus damkar harus terregister dalam data base pusat.

BACA JUGA:Ajak Karang Taruna di Kabupaten Tegal Ikut Membangun Desa

"Ternyata hasil penelusuran Panselda, sertifikat milik personel damkar Brebes belum masuk dalam register Kemendagri. Sehingga, poin plus sebesar 25 persen tidak bisa ditambahkan dan otomatis belum lolos seleksi," ungkapnya.

Darmawan Adinugroho menambahkan, belum terregistrernya sertifikat petugas damkar harus menjadi pelajaran bagi pelamar PPPK. Khususnya, dalam memperhatikan dan mencermati persyaratan berkas administrasi saat mendaftar. Ke depan, harus dipastikan terlebih dulu kelengkapan berkas ketika mendaftar seleksi PPPK. Mengingat, sertifikat khusus damkar memiliki poin tambahan yang berpengaruh pada penilaian akhir rekrutmen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: