Sinergitas Forkopimda Kabupaten Tegal dalam Menjaga Keamanan Misa Natal

Sinergitas Forkopimda Kabupaten Tegal dalam Menjaga Keamanan Misa Natal

SINERGI - Kapolres Tegal bersama jajaran forkopimda menggelar patroli skala besar di puncak Natal dan pergantian tahun.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sinergitas yang dibangun Forkompimda Kabupaten Tegal berhasil mewujudkan iklim kondusif di puncak misa Natal. Hal yang sama diharapkan bisa kembali terwujud dalam malam pergantian tahun mendatang.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menyatakan, pihaknya bersama jajaran forkopimda menggelar  patroli skala besar dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada malam misa Natal. Ini yang menjadi salah satu kegiatan inti dari perayaan Natal. 

BACA JUGA:Diduga Depresi, Pria di Kalierang Kabupaten Brebes Meninggal Usai Terjun ke dalam Sumur

“Ada 13 gereja se-Kabupaten Tegal dengan jamaah dari berbagai daerah di jaga secara ketat oleh Polres Tegal dan instansi terkait," ujarnya.

Sebagai langkah pengawasan, memberikan semangat terhadap personel di lapangan dan memantau secara langsung. Kapolres bersama dandim 0712 Tegal, sekda, kepala Kesbangpol, kadinkes, Dishub  di wakili sekdin dan Satpol PP menyasar 4 lokasi. Yaitu Pos Pengamanan Taman Rakyat Slawi, Gereja Santo Yosef Mejasem Kecamatan Kramat, Pos Pengamanan Lik Kecamatan Kramat dan berakhir di Pos Terpadu exit tol Adiwerna. Patroli berlangsung selama 3 jam ini dilaksanakan mulai pukul 20.00 hingga 23.00 WIB dengan titik awal di Rumah Dinas Bupati Tegal menggunakan kendaraan dinas masing-masing instansi. 

BACA JUGA:SMP Musawerna Kabupaten Tegal Adakan Workshop Nasional

“Dengan menempuh jarak 35 kilometer melewati titik-titik rawan gangguan kamtibmas untuk mencegah terjadinya tindak pidana dan gangguan kamtibmas lainnya," cetusnya.

Dalam patrolinya, forkopimda berinteraksi dengan pengurus Gereja Santo Yosef Mejasem dan memberikan imbauan kamtibmas. Untuk bersama-sama menjaga keamanan sehingga ibadah dapat dilaksanakan dengan lancar. Selain itu, kapolres juga memberikan informasi kontak darurat yang dapat dihubungi bila terjadi kondisi membutuhkan pertolongan terpadu dari instansi terkait untuk mendapatkan pelayanan quick response.

BACA JUGA:Natal dan Tahun Baru, Polres Pemalang Fokus Atur Lalu Lintas dan Amankan Obyek Vital

Sedangkan pada pos pos pengamanan, forkopimda melakukan pengecekan kesiapan personel, sarpras, logistik dan kebersihan pos. Setiap Pos yang menjadi sasaran, Kapolres beserta forkopimda memberikan binkisan berisi makanan ringan/extra fooding dan bekal kesehatan untuk menambah semangat bersiaga. Melakukan pengamanan terpadu karena para petugas jaga dituntut untuk selalu dalam keadaan prima. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: